Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Usai Mazhab Bung Karno, Ponpes Al Zaytun Kenalkan 'SALAM KRISTEN' pada Santri dan Lucky Hakim

Mei 08, 2023 Last Updated 2023-05-08T07:09:56Z


Sebuah video lama tersebar saat Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun memperkenalkan Salam Kristen kepada para santri. 


Dikutip dari akun Instagram @say.kocak pada (8/8/23), Pimpinan Ponpen Al Zaytun , Panji Gumilang terlihat menyambut Lucky Hakim yang waktu itu menjadi kepala daerah. 


Penyambutan saat itu tidak hanya memperkenalkan Lucky Hakim, Panji Gumilang pun sempat memperkenalkan salam yang lain selain Assalamua'laikum. 


"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja," ujar Panji Gumilang.


"Sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," sambungnya, diikuti para santri dan Lucky Hakim yang berdiri dari tempat duduknya.


Dikutip dari salah satu akun Twitter @cahayaguru, terdapat penjelasan mengenai 'Havenu Shalom Aleichem'.


"Umat Kristen Katolik dan Kristen Protestan di Indonesia biasanya mengucapkan salam damai atau salam sejahtera untuk menyapa. Kata lain dengan pengertian yang sama yaitu syalom," ujar akun tersebut.


"Kalimat lengkapnya yaitu 'shalom aleichem' atau 'havenu shalom aleichem: yang berarti damai dan sejahtera kiranya menyertaimu. Salam seperti ini lazim ditemukan di wilayah Timur Tengah," sambungnya.[SB]

×