Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

RI Disorot Asing, Jadi Pusat Latihan Perang

September 20, 2023 Last Updated 2023-09-19T21:07:00Z


 

[SB]"Indonesia kini menjadi sorotan asing. Ini terkait ditunjuknya RI sebagai tuan rumah latihan gabungan militer ASEAN 2023.


AFP menulisnya dalam artikel "Indonesia hosts first-ever ASEAN military drills". Perwakilan Myanmar pun hadir meski ada larangan terhadap para pemimpin junta dari blok ini.


"Negara-negara ASEAN telah berpartisipasi dalam latihan pertahanan multinasional sebelumnya, namun ini adalah latihan pertama yang hanya melibatkan blok tersebut," muat media Prancis itu, dikutip Selasa (19/9/2023).


"(ASEAN) sendiri sedang berjuang melawan persepsi yang tidak relevan mengenai isu-isu regional utama seperti gejolak di Myanmar dan perselisihan di Laut Cina Selatan (LCS)," tambahnya.


Sejumlah hal akan dilakukan pasukan militer ASEAN. Muai dari berlatih bantuan kemanusiaan, bantuan bencana, operasi penyelamatan dan patroli maritim gabungan.


"Dengan bersatu, kita dapat menjaga stabilitas di kawasan demi kebaikan rakyat," muat AFP lagi mengutip Panglima TNI Margono Yudo.


"Setiap negara di blok tersebut termasuk Myanmar mengambil bagian dalam Latihan Solidaritas ASEAN yang berlangsung selama lima hari," tambahnya lagi.


Sebelumnya, Indonesia telah membantah bahwa latihan tersebut bertujuan untuk melawan sikap China di LCS. China diketahui mengklaim hampir seluruh wilayahnya LCS dan membuatnya bersitegang dengan banyak angggota ASEAN.


"Tiongkok telah membuat marah Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya dalam beberapa tahun terakhir dengan memasuki wilayah perairan yang mereka klaim," muat AFP lagi.


"Negara ini telah mengembangkan pulau-pulau buatan di wilayah tersebut dan melengkapi beberapa pulau dengan fasilitas militer dan landasan pacu," jelasnya.


Sementara itu, komentar China jaga dibuat soal latihan ini. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan bahwa posisi Beijing di LCS tetap "konsisten".


Awalnya penyelenggara latihan akan dilakukan di Laut Natuna Utara, yang matig berada dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) RI. Tapi China diketahui sesekali mengirimkan patroli ke sana untuk menegaskan klaimnya.


Setelah pembicaraan antara para pemimpin militer ASEAN pada bulan Juni, latihan tersebut dipindahkan ke Laut Natuna Selatan, untuk menghindari perairan yang disengketakan. Kamboja, sekutu regional utama China, menolak mengkonfirmasi keikutsertaan pada lokasi awal namun kini hadir.

×