Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bikin Pelatih Vietnam Syok, Timnas Indonesia Kini Bukan Lagi Level Piala AFF

Januari 21, 2024 Last Updated 2024-01-21T07:37:25Z


Pelatih Vietnam Philippe Troussier tak menyangka Timnas Indonesia berbeda dari tim yang bermain di Piala AFF atau SEA Games.


Philippe Troussier sebelumnya percaya diri Vietnam mengusung target tiga poin dari Timnas Indonesia di fase Grup D Piala Asia 2023.


Laga melawan Timnas Indonesia dinilai Philippe Troussier sebagai satu-satunya kesempatan meraih tiga poin di babak penyisihan grup Piala Asia 2023.


Sayangnya harapan Troussier tak seperti kenyataan, Vietnam digilas Timnas Indonesia dengan skor tipis 0-1 pada Jumat (19/1/2024).


Kekalahan ini menempatkan Vietnam dalam posisi sulit, selain harus memastikan bisa meraih tiga poin di laga terakhir fase grup melawan Irak.


Troussier juga masih harus berharap Timnas Indonesia kalah telak dari Jepang, untuk bisa mengamankan posisi peringkat tiga terbaik.


Kekalahan dari Indonesia tak bisa diterima Troussier yang kecewa sampai syok tak bisa memungkiri perubahan skuad asuhan Shin Tae-yong.


Ia mengaku kesulitan memimpin Vietnam menghadapi Indonesia di laga tersebut, kualitas permainan Asnawi Mangkualam dkk berada di level berbeda.


Pelatih asal Prancis itu menilai Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 sangat berbeda dari tim yang biasa tampil di Piala AFF dan SEA Games.


"Sebenarnya kita tidak bisa membandingkan dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya," ucap Philippe Troussier seperti dikutip dari Soha.vn.


"Tim Indonesia saat ini berbeda dengan Indonesia yang kita hadapi di Piala AFF atau SEA Games dulu.


"Yang jelas ini pertandingan yang sulit.


"Tim Indonesia mempunyai kualitas skuad yang jauh lebih baik dari sebelumnya," imbuhnya.


Hadirnya pemain abroad yang berkarier di Eropa dinilai Troussier memberi dampak yang sangat signifikan dalam pertandingan.


Troussier merasakan kesulitan yang berbeda dari biasanya dan yang lebih membuatnya kesal adalah detail kecil dari munculnya penalti untuk Indonesia.


Meski diakui olehnya jika laga melawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 sebagai pertandingan yang berkualitas.


"Mereka memiliki tambahan pemain dari Eropa," ujar Troussier.


"Pertandingan hari ini jelas lebih sulit dari sebelumnya.


"Ini adalah pertandingan yang bagus, pertandingan yang berkualitas.


"Hasilnya ditentukan oleh situasi penalti, kesalahan kecil di area penalti.


"Ini adalah detail kecil yang mempengaruhi pertandingan." imbuhnya. [SB]

×