Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KENALI MANFAAT KURMA UNTUK KESEHATAN

Februari 28, 2024 Last Updated 2024-02-28T08:49:07Z


Kurma kerap menjadi hidangan ringan untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis. Kurma juga kaya kandungan gizi dan punya segudang manfaat bagi tubuh.



Berikut ini sejumlah manfaat buah kurma untuk kesehatan:


Mencegah sembelit


Healthline menyebut kandungan serat dalam kurma termasuk tinggi, sehingga bisa meningkatkan asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Menurut penelitian terhadap 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma setiap hari selama 21 hari, kurma bisa meningkatkan frekuensi buang air besar.


Membantu mengontrol gula darah


Healthline menyatakan kurma mampu mengontrol gula darah. Sebab, serat memperlambat pencernaan dan membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi usai makan. Untuk itu, kurma punya indeks glikemik (GI) rendah.


Menangkal penyakit kronis


Kurma termasuk makanan yang tinggi antioksidan. Tiga antioksidan paling kuat dalam kurma yakni flavonoid untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis, karotenoid untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker, dan asam fenolik sebagai aktivitas antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiinflamasi, dan aktivitas vasodilatory.


Mencegah penyakit jantung


Berdasarkan hasil studi oleh Waseem Rock dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi kurma efektif menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Keduanya adalah faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis. Aterogenesis sendiri merupakan penumpukan plak lemak di arteri.


Meningkatkan kesehatan otak


Healthline mengklaim makan kurma akan membantu meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium mengungkapkan manfaat kurma untuk menurunkan penanda inflamasi, yang berisiko menyebabkan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.


Membantu persalinan secara alami


Hasil studi menunjukkan kurma dapat membantu mempermudah persalinan. Pasalnya, makan kurma selama beberapa minggu terakhir menuju persalinan akan meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan risiko persalinan yang diinduksi.


Sebuah penelitian mengamati 69 wanita yang mengonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum tanggal melahirkan. Ternyata 69 wanita tersebut 20 persen lebih mungkin untuk melahirkan secara alami dan melahirkan dalam waktu yang jauh lebih singkat. (SB)

×