Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jemaah Umrah Bisa Tawaf dengan Naik Mobil Golf di Rooftop Masjidil Haram

Maret 21, 2024 Last Updated 2024-03-21T04:36:49Z


Sebuah video viral dua hari ini. Video itu menarasikan jemaah umrah di Masjidil Haram yang sedang tawaf dengan naik mobil golf. Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah 7 kali putaran berlawanan arah jarum jam.


Video diunggah oleh sejumlah media yang fokus mengabarkan Dua Masjid Suci [Masjidil Haram dan Masjid Nabawi] di Arab Saudi.


Dalam video itu, Kamis (21/3), beberapa mobil golf sedang berjalan dengan membawa sejumlah jemaah berbaju ihram. Tampak juga petugas masjid yang sedang membawa alat komunikasi sedang berdiri di dekat lokasi.


Mobil golf itu terdiri dari 5 bangku panjang sehingga bisa membawa penumpang cukup banyak.


Belum diketahui apakah pengoperasian mobil golf ini baru tahap uji coba atau sudah resmi diterapkan pada bulan Ramadan ini, bulan puncak umrah saat jemaah membeludak.


Bagaimana cara menggunakan fasilitas ini juga belum diketahui. Belum ada sumber resmi Masjidil Haram yang memberi pernyataan.


"Meningkatnya jumlah jemaah di bulan suci ini, layanan tawaf diaktifkan di jembatan melingkar di atap Masjidil Haram melalui mobil golf kolektif, yang sangat memudahkan para jemaah," ungkap media The Holy Mosques.


Lantai Rooftop Kedua


Mengutip Haramain Info, mobil golf itu beroperasi di lantai baru Masjidil Haram yang merupakan hasil ekspansi. Letaknya di lantai atap (rooftop) kedua alias lantai paling atas.


Masjid terbesar sedunia ini memang selalu diperluas secara bertahap agar mampu menampung lebih banyak lagi jemaah.


Dijelaskan, lokasi tawaf ada di 6 lantai dengan peruntukannya:


Lantai dasar (lantai Mataf), lantai tempat Ka’bah berada: untuk jemaah berbaju ihram.


Lantai satu: jemaah berbaju ihram


Lantai dua: terbuka untuk semua jemaah


Lantai tiga: Untuk jemaah yang memakai skuter


Lantai empat: Lantai atap (rooftop), terbuka untuk semua jemaah.


Lantai lima: Lantai atap (rooftop) kedua: untuk jemaah yang memakai mobil golf.


Wacana Sudah Lama


Wacana menggunakan mobil golf di Masjidil Haram sudah sangat lama. Pada tahun 2014, Dr. Faisal Wafa selaku pejabat yang terlibat dalam proyek ekspansi Masjidil Haram mengatakan, sedang dilakukan penelitian terhadap penggunaan mobil golf untuk memudahkan jemaah difabel dan lanjut usia dalam melakukan tawaf dan sai, ibadah umrah utama di Masjidil Haram, yang membutuhkan fisik prima.


Menurut Faisal, mobil golf itu akan membantu 6.000 jemaah melakukan umrah dalam satu jam.


Namun, tampaknya mobil golf kini tak hanya diperuntukkan bagi jemaah difabel dan lansia saja, tapi juga jemaah umum seperti halnya layanan skuter matik.

×