Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ramai Isu Badai Matahari, Peneliti Antariksa BRIN Jelaskan Dampaknya ke Bumi

Maret 17, 2024 Last Updated 2024-03-16T22:27:30Z



Matahari kini sedang mendekati fase puncak siklus 11 tahunan. Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Antariksa Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Bandung Johan Muhamad mendapati ada banyak badai matahari atau lontaran massa dari korona matahari menjelang fase puncak.


“Tapi tidak semua badai matahari berakibat fatal pada bumi,” ujar Johan di acara daring Dialog, Obrolan, Fakta Ilmiah Populer dalam Sains Antariksa bertopik Riset Matahari dan Aktivitasnya gelaran BRIN, pada Jumat, 15 Maret 2024.


Belakangan ini ramai di media sosial tentang isu badai matahari yang dikaitkan dampaknya ke bumi hingga dianggap sebagai penyebab kiamat. Badai matahari, kata Johan, merupakan istilah dari aktivitas sang surya terkait bintik matahari yang kemunculannya bisa diamati atau dipantau dari bumi.


Pengamatan bintik matahari itu telah dilakukan peneliti astronomi melalui teleskop sejak abad ke-17 hingga sekarang. Bintik matahari merupakan konsentrasi medan magnet yang lebih besar dibandingkan area lain di matahari. Bintik itu juga menjadi tempat yang potensial bagi ledakan di matahari.


Bentuknya ada yang berupa flare, yaitu peningkatan intensitas kecerlangan di matahari sebagai wujud pelepasan energi. Kemudian juga ada yang berupa lontaran massa korona atau coronal mass ejection (CME). ”Kedua fenomena itu yang biasanya punya dampak ke bumi karena melepaskan energi dan massa yang sangat besar sesuai ukuran matahari yaitu satu juta kali lebih besar ukuran bumi,” kata Johan.


Saat ini menurut Johan, kondisinya sudah mendekati puncak siklus 11 tahunan matahari. “Hampir setiap hari sekarang kita amati ada bintik matahari (sunspot), flare, CME,” katanya.


Dampak badai matahari itu ke bumi misalnya pada jalur komunikasi radio, sinyal navigasi seperti Global Positioning System (GPS) dan Global Navigation Satelite System.(GNSS), serta survei magnetik.


Namun jarak matahari dan bumi tergolong jauh sekitar 150 juta kilometer. Jadi ketika terjadi badai matahari, pelepasan massa dan energinya telah tersebar ke tempat lain. “Bumi sendiri punya pelindung perisai magnetik sehingga cukup aman untuk manusia,” ujarnya.


Sejatinya, siklus itu tidak selalu 11 tahun sekali. Dari hasil data pengamatan sebelumnya yang selama ratusan tahun, puncak siklus matahari bisa terjadi dalam kurun 8, 10 tahun, bahkan bisa lebih sampai 12 atau 13 tahun. Jumlah bintik matahari itu pun beragam, bisa 50, 100, atau 200 sunspot yang menghasilkan pola lain dalam kurun waktu 60 hingga 100 tahun.

×