Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tanggapi Bek Vietnam soal Naturalisasi, Witan Sulaeman: Wajar, tapi...

Maret 18, 2024 Last Updated 2024-03-18T04:31:18Z


Witan Sulaeman merespons komentar bek Vietnam soal Timnas Indonesia rasa Belanda karena banyaknya pemain naturalisasi di dalam skuad.


Komentar bek Vietnam soal Timnas Indonesia rasa Belanda ini sebenarnya sudah cukup lama diungkapkan, pemain yang bersangkutan bernama Do Duy Manh.


Do Duy Manh mengaku seiring duel Vietnam melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda jadi bahan guyonan pemain lawan.


Menurut Do Duy Manh, banyaknya pemain naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia membuat skuad Vietnam bingung terhadap tim yang bakal mereka hadapi.


Apakah itu Timnas Indonesia atau Timnas Belanda? Terlepas dari itu, Do Duy Manh mengaku Vietnam adalah tim berkualitas dan siap bersaing dengan lawannya nanti.


"Kadang-kadang kami saling meledek mengatakan kami tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Belanda atau Indonesia," ucap Do Duy Manh.


"Namun tim Vietnam juga memiliki pemain berkualitas. Kami tidak takut bersaing karena naturalisasi Indonesia," imbuhnya.


Sementara itu, Witan Sulaeman merasa semua pemain di Timnas Indonesia adalah sama, memiliki keturunan Tanah Air dan seorang WNI.


Witan merasa naturalisasi pemain keturunan adalah hal yang wajar, ia pun mencontohkan bagaimana skuad Prancis dibangun dengan pemain keturunan.


Akan tetapi, Witan menyadari bahwa program naturalisasi keturunan masih sangat asing di Asia Tenggara, sehingga bek Vietnam bisa berkomentar demikian.


"Kalau saya pribadi, kita semua di sini sama," ucap Witan Sulaeman.


"Kita pemain Indonesia, kita rakyat Indonesia, kita berhak untuk membela Indonesia jadi gak ada perbedaan antara naturaliasi atau lokal."


"Karena menurut saya juga di Prancis saja kan mereka banyak pemain keturunan tapi kan hal wajar."


"Mungkin ini hal yang baru di sepak bola ASEAN, jadi mungkin mereka berkomentar seperti itu."


"Tapi kalau menurut saya di sepak bola hal wajar."


"Mereka juga berhak membela timnas kita karena mereka punya darah keturunan dan juga mempunyai pasport orang Indonesia."


"Dan sah-sah saja mereka membela tim nasional," imbuhnya.


Baca Juga: Belum Juga Main, Suporter Timnas Indonesia Sukses Buat Jiper Bintang Vietnam: Tekanannya Dahsyat!


Timnas Indonesia akan dipertemukan melawan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.


Petandingan digelar pada 21 dan 26 Maret 2024, Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.


Setelah itu, pasukan Shin Tae-yong akan bertolak ke Hanoi, tepatnya di Stadion My Dinh, untuk melakoni laga kedua.

×