Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apa Efek Minum Air Kelapa Terlalu Banyak?

April 01, 2024 Last Updated 2024-04-01T07:54:51Z


Air kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium.


Oleh sebab itu, banyak yang menggunakan air kelapa untuk mengobati atau mencegah dehidrasi akibat diare atau olahraga.


Air kelapa juga digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan meningkatkan kinerja atletik, namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat ini.


Efek minum air kelapa terlalu banyak


Meski sangat menyehatkan tubuh, air kelapa mungkin juga memiliki efek pencahar pada beberapa kasus. Minum terlalu banyak air kelapa dapat menyebabkan kelebihan konsumsi potasium, yang dapat menyebabkan diare.


Satu laporan kasus mendokumentasikan hiperkalemia atau kadar kalium darah tinggi pada pasien yang minum beberapa porsi air kelapa dalam satu hari.


Terlebih lagi, air kelapa kaya akan oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang dapat difermentasi (FODMAPs), yang merupakan karbohidrat rantai pendek yang dapat menarik air ke dalam usus sehingga menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare pada beberapa orang.


Selain itu, air kelapa yang diproduksi secara komersial mungkin mengandung banyak gula tambahan atau pemanis buatan, yang dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan.


Oleh sebab itu, minum banyak air kelapa yang diberi pemanis atau perasa dapat menyebabkan diare.


Untuk mengurangi risiko diare akibat air kelapa, pilihlah varietas tanpa pemanis dan hindari mengonsumsi banyak porsi sekaligus.

×