Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Iran Pelototi UEA,Komandan AL Korps Garda Revolusi: Kehadiran Israel di Sana Adalah Ancaman

April 12, 2024 Last Updated 2024-04-12T03:58:02Z

Iran sepertinya tengah mengawasi secara ketata manuver Uni Emirat Arab (UEA) di kawasan Teluk.


Hal itu karena Iran menilai adanya keberadaan militer Israel di negara tersebut.


Komandan angkatan laut Garda Revolusi Iran pada Selasa (9/4/2024) mengatakan kalau  kehadiran Israel di Uni Emirat Arab merupakan ancaman bagi Teheran dan hal ini “seharusnya tidak terjadi”.


UEA, yang terletak di seberang Teluk dari Iran, menjadi negara Arab paling terkemuka yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam 30 tahun berdasarkan perjanjian yang ditengahi AS pada tahun 2020.


Di sisi lain, Abu Dhabi juga memiliki hubungan diplomatik dan komersial yang normal dengan Teheran.


“Kami tahu bahwa Zionis dibawa ke UEA bukan untuk tujuan ekonomi melainkan untuk tujuan keamanan dan militer. Ini merupakan ancaman bagi kami dan tidak boleh terjadi,” kata Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Alireza Tangsiri, menurut media semi-resmi Iran Student News Agency.


Tangsiri menambahkan bahwa Kawasan Teluk, serta Teluk Oman di luar Selat Hormuz yang dilalui sejumlah besar minyak dunia melalui laut, bukanlah tempat bagi Israel.


Komentar Tangsiri ini meluncur di tengah kewaspadaan Israel terhadap pembalasan Iran karena terbunuhnya tokoh militer mereka dalam serangan udara di Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, awal bulan ini.


"Dia tidak menunjukkan apakah Iran sedang mempertimbangkan tindakan apa pun di wilayah tersebut sehubungan dengan kehadiran Israel," ungkap media Israel, The Jerusalem Post.


Batasi Penggunaan Pangkalan Militer oleh AS


Terkait eskalasi di Timur Tengah yang versentral pada Israel, Sejumlah negara Arab, termasuk UEA, memberlakukan pembatasan penggunaan pangkalan militer Amerika Serikat di wilayah mereka untuk melakukan serangan terhadap kelompok yang berafiliasi dengan Iran. 


Ketika korban sipil di Gaza meningkat, beberapa negara Arab, terutama negara-negara yang “berusaha meredakan ketegangan dengan Iran”, semakin membatasi kemampuan AS dan sekutunya untuk melakukan tindakan dari wilayah mereka, kata seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya kepada Politico.


Hal ini mencakup kendala dalam tindakan penanggulangan sebagai respons terhadap agresi di Irak, Suriah, dan Laut Merah.


Seorang pejabat AS, seorang pembantu kongres dan dua pejabat barat, "semuanya tidak disebutkan namanya untuk membahas masalah keamanan yang sensitif".


Seorang pejabat mengatakan bahwa beberapa negara membatasi penggunaan pangkalan dan wilayah udara mereka untuk aset yang terlibat dalam melakukan serangan balik ini. Jumlah pasti negara yang menerapkan pembatasan ini masih belum pasti.


Pejabat tersebut mengatakan bahwa alasan spesifik UEA melakukan tindakan ini adalah karena “mereka tidak ingin terlihat menentang Iran dan tidak ingin terlihat terlalu dekat dengan Barat dan Israel di depan umum.


Selama bertahun-tahun, AS telah menempatkan ribuan tentara di pangkalan-pangkalan di UEA, Kuwait, Oman, Qatar, dan lokasi lain di Timur Tengah dan Teluk.


Sejak 7 Oktober, keterlibatan negara-negara ini dalam memfasilitasi operasi militer AS semakin diawasi.


Di seluruh kawasan, Teheran dan Washington berlomba-lomba untuk saling mengepung dalam perang proksi yang mematikan.


Konflik ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda yang mencerminkan realitas lokal dan geopolitik.


Di Lebanon, AS berupaya meredakan ketegangan antara Israel dan Hizbullah, dan kedua belah pihak khawatir akan terseret ke dalam konflik yang lebih luas.


Sementara itu, pejuang Houthi yang didukung Iran di Yaman telah menjadikan diri mereka sasaran serangan udara AS sebagai tanggapan atas serangan mereka terhadap pelayaran komersial.


Namun konflik ini mungkin yang paling intens dan kompleks di Irak – yang berpotensi menjadi salah satu negara yang membatasi aktivitas militer AS seperti yang disinggung dalam laporan Politico.


“Pemerintah Irak lemah, terpecah belah dan pada dasarnya tidak dapat mengendalikan konflik di perbatasannya dari kekuatan asing,” kata Renad Mansour, direktur Inisiatif Irak di lembaga pemikir Chatham House dilansir dari Middle East Eye.


“Hal ini muncul sebagai arena pilihan, di mana AS dan Iran dapat bertarung habis-habisan. Risiko eskalasi di sini lebih rendah bagi keduanya. Dan mereka dapat menunjukkan kekuatan dan bersaing untuk mendapatkan pengaruh.”


Serangan Laut Merah


Pada bulan Januari, AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap sasaran Houthi di Yaman, menyusul serangkaian serangan terhadap kapal pengiriman di wilayah Laut Merah.


Dalam sebuah pernyataan, Presiden AS Joe Biden mengatakan serangan tersebut merupakan respons terhadap tindakan Houthi yang membahayakan "kebebasan navigasi di salah satu jalur perairan paling penting di dunia", dan dilakukan bersama Inggris dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, dan Kanada. Belanda.


“Serangan yang ditargetkan ini adalah pesan yang jelas bahwa Amerika Serikat dan mitra kami tidak akan menoleransi serangan terhadap personel kami atau membiarkan pihak yang bermusuhan membahayakan kebebasan navigasi di salah satu rute komersial paling penting di dunia,” kata Biden.


Inggris dan AS telah berulang kali memperingatkan Houthi agar tidak menyerang kapal-kapal yang melewati Laut Merah, jalur pelayaran penting, sebagai protes terhadap perang Israel di Gaza.


Berbagai perusahaan pelayaran telah menghentikan operasinya dan malah melakukan perjalanan lebih jauh mengelilingi Afrika.

×