Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mengenal Buah Kesemek, Kandungan Gizi dan Manfaat untuk Kesehatan

Juni 03, 2024 Last Updated 2024-06-03T06:26:51Z


Kesemek yang bernama ilmiah Diospyros kaki merupakan buah yang berasal dari Asia Timur.  Umumnya tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtropis. 


Diduga, berawal dari daratan China lalu menyebar ke negara Jepang. Di negara Sakura ini, kesemek dibudidayakan secara baik. Dari sini kemudian menyebar ke negara-negaa yang memiliki iklim tropis, juga subtropis.  


Untuk budidaya kesemek, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, tanah yang subur dan drainase yang baik. Untuk menanam kesemek, sebaiknya memilih lahan yang terbuka dan memiliki ketinggian minimal 500 mdpl. 


Tanaman kesemek  cocok untuk dibudidayakan pada lahan dengan jenis tanah yang bertipe solid dan dalam tetapi tidak berat. Alasannya,  sistem perakaran tanaman kesemek memerlukan dranaise yang baik dengan tingkat keasaman pH 6,6-7,5.


Buah kesemek  memilik bentuk  bulat seperti tomat. Kulit buah berwarna hijau saat muda. Berubah menjadi oranye kemerahan pada saat  matang.


Dari cara makan, kita mengenal ada dua jenis buah kesemek. Kelompok pertama adalah buah kesemek yang bisa langsung dimakan dalam kondisi segar. Jenis kedua adalah tidak bisa langsung dimakan sebab memiliki rasa yang agak sepat. 


Buah kesemek yang sepat disebabkan karena mengandung zat tanin tinggi. Pada dasarnya, zat tanin akan semakin berkurang seiring matangnya buah kesemek. Rasa sepat pada umumnya ditemukan pada buah yang belum matang, termasuk panen muda yang diperam.


Kandungan Gizi Buah Kesemek


Buah kesemek mengandung berbagai gizi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, serat, dan antioksidan. 


Selain itu, buah kesemek juga serat makanan, folat, niasin, riboflavin, thiamin dan karotein. Nuah kesemek juga kaya akan sat besi, seng, magnesium, mangan, dan fosfor.


Kandungan-kandungan ini memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu dalam proses pencernaan. 


Manfaat Kesemek bagi Kesehatan Tubuh


Buah kesemek mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari konsumsi kesemek antara lain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


Berikut ini adalah beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh dari konsumsi buah kesemek. 


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesemek mengandung vitamin C yang tinggi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.


2. Menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam kesemek dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menjaga tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol.


3. Membantu pencernaan. Serat dalam kesemek membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Buah kesemek membantu BAB secara lancar. 


4. Menjaga kesehatan mata. Kesemek mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, sehingga konsumsi buah ini dapat membantu menjaga kesehatan mata.


5. Membantu mengendalikan diabetes. Serat dalam kesemek membantu mengatur kadar gula dalam darah, sehingga dapat membantu mengendalikan diabetes.


6. Meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam kesemek dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.


7. Membantu menurunkan berat badan. Bagi mereka yang ingin membuat tubuh ideal maka bisa mengkonsumsi buah kesemek secara teratur. 


8. Membantu mengatasi penyakit ambeian. Buah kesemek ternyata mengandung sifat anti-hemoragik  yaitu kondisi yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Buah kesemek juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pendarahan.  


Buah kesemek ternyata mengandung sedikit lemak, yaitu sebesar 0,19 gram. Karena itu, buah kesemek dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bisa dijadikan sebagai cemilan sehat pendamping program diet. 


9. Membantu melawan kanker. Buah kesemek mengandung antioksidan. Zat ini dapat dimanfaatkan guna menangkal radikal bebas yang biasanya merusak sel dan memincu penyakit kanker. 


10. Menambah energi dan stamina. Konsumsi buah kesemek dapat meningkatkan energi dan stamina.  Segelas jus kesemek bisa diminum setelah melakukan kegiatan harian. 


Semua manfaat tersebut membuat kesemek menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa  bertanya pada ahli gizi dan dokter yang memiliki kompetensi di bidang nutrisi dan kesehatan.

×