Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kondisi Halaman RSUD Dipenuhi Korban Gempa Cianjur, Petugas Medis Berjibaku Bantu Warga

November 21, 2022 Last Updated 2022-11-21T12:17:56Z


Beredar video yang memperlihatkan kondisi RSUD Cianjur pasca gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin pukul 13.21 WIB.


Dalam video tersebut, sejumlah korban bergelimpangan di halaman rumah sakit. Sementara para petugas medis berjibaku memberi bantuan kepada para korban.

"Kondisi di rumah sakit umum Cianjur sekarang tah," ucap perekam video tersebut.

Sejumlah warga di dalam video terlihat lemah dan ada juga beberapa diantara mereka yang mengalami luka di bagian kepala.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekitar 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Menurut pakar tsunami BRIN Widjo Kongko, gempa Cianjur merupakan gempa dangkal yang berpotensi sangat merusak.


"Karena gempa ini dangkal, berpotensi merusak infrastruktur, rumah, atau pemukiman, di sekitar epicenter," ucap Widjo mengutip dari Antara.

Wilayah Jawa Barat di bagian Selatan dan Barat Daya Sumatra menyimpan potensi gempa bumi megathrust. Meski tidak diketahui kapan gempa itu akan terjadi, namun Widjo menuturkan harus waspada terhadap ancaman tsunami dan upaya mitigasinya perlu lebih serius dan segera dilakukan.

"Gempa yang baru saja terjadi tidak terkait langsung dengan potensi gempa megathrust," ucapnya.[SB]
×