Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Putin Klaim Dekat dengan Jokowi, Saling Sebut Saudaraku

November 02, 2022 Last Updated 2022-11-01T18:53:13Z


Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan hubungannya dengan Presiden Joko Widodo amat dekat. Meski demikian, Putin belum memastikan akan datang ke acara KTT G20 di Bali.


Dalam pertemuan tahunan ke-19 Klub Diskusi Valdai, pekan lalu dia mengatakan Rusia memiliki hubungan sangat hangat dengan Indonesia. Putin bahkan mengaku memanggil Presiden Jokowi dengan sebutan saudara dalam percakapan. 


"Kami akan memikirkan bagaimana kami akan menanganinya. Rusia pasti akan terwakili di level tinggi. Mungkin saya akan pergi juga. Untuk saat ini, saya akan memikirkannya," kata Putin. 


“Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Indonesia sepanjang sebagian besar sejarah baru-baru ini,” katanya. “Ketika Presiden Widodo memanggil saya, dia memanggil saya saudara dan saya mengatakan hal yang sama kepadanya. Kami menghargai hubungan kami.”


KTT G20 dengan format tatap muka akan diadakan di Bali, pada 15 dan 16 November 2022. Fokus presidensi Indonesia tahun ini adalah pemulihan ekonomi global paska-pandemi, dengan prioritas bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi.


Namun, pertemuan kepala negara anggota G20 kali ini dibayangi oleh krisis global di sektor pangan dan energi, yang dipicu oleh perang Rusia Ukraina. Dalam sejumlah pertemuan tingkat menteri, beberapa negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat mengecam dengan keras invasi Rusia ke Ukraina serta dampaknya terhadap krisis pangan dan energi.[SB]

×