Notification

×

Iklan

Iklan

Fan Piala Dunia 2022: Qatar Jadi Perantara Pertama Saya Kenal Islam

Desember 19, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T13:08:09Z


Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi kesempatan emas bagi negara itu mempromosikan budaya dan nilai Islam ke masyarakat global.


Dengan segala upaya, Qatar mencoba menyematkan pengetahuan dan informasi soal agama Islam dan budayanya kepada ribuan penggemar sepak bola yang bertandang ke negaranya selama sebulan terakhir.


Tak sedikit fan bola yang datang itu mengaku mulai mengenal soal Islam dan budayanya sejak datang ke Qatar, salah satu Fatima Garcia.


Dengan mengenakan abaya hitam dan penutup kepala, Fatima bercerita ia sempat pergi melihat-lihat masjid Katara, di mana para pengkhotbah telah memperkenalkan Islam dalam berbagai bahasa kepada para penggemar bola dari seluruh dunia.


Fatima bercerita ia sengaja meluangkan waktu di sela-sela jadwal pertandingan untuk mengunjungi sebuah masjid di Doha untuk belajar tentang Islam.


"Qatar adalah exposure pertama saya soal Islam. Qatar telah menjadi petualangan yang mengubah hidup karena memberi Anda perspektif tentang budaya yang berbeda," ucap Garcia seperti dikutip Associated Press beberapa waktu lalu.


Di akhir tur ke masjid Katara, Garcia juga mempelajari mengapa wanita berpakaian tertutup serta asal muasal agama tersebut.


Riffat Ishfaq, seorang pemandu di Qatar dari Pakistan, mengatakan dirinya merasa bangga sebagai Muslim bisa mengenalkan budaya dan nilai Islam yang diterapkan Qatar.


"Kami ingin memberitahu orang tentang Islam. Kami merasa bangga dengan identitas kami. Ini membantu menghilangkan kesalahpahaman (tentang Islam)," kata Ishfaq.


Qatar memang menjadi negara Arab dan Islam pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Berbeda dari gelaran Piala Dunia sebelum-sebelumnya, Qatar memang menerapkan sejumlah aturan ketat yang sesuai dengan budaya dan agama Islam selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Beberapa tindakan itu adalah larangan mengkonsumsi dan menjual minuman alkohol, melarang atribut LGBTQ+, hingga membuka tur masjid bagi para penggemar bola yang penasaran hingga dilengkapi terjemahan dari 30 bahasa sampai tur virtual ke kota suci Mekah, Arab Saudi. 


Qatar juga membagikan Al-Qur'an gratis lewat stan-stan di lokasi wisata dan brosur tentang Islam yang tersedia di lobi hotel.


Billboard yang menampilkan tokoh Muslim seperti pemain anggar Olimpiade AS Ibtihaj Muhammed juga muncul sebagai bentuk kampanye mereka menyiarkan tentang Islam.


"Kenapa dilakukan selama Piala Dunia? Sebab semua orang datang ke sini dari seluruh dunia ke Qatar, dan ini adalah kesempatan untuk mengenalkan orang-orang mengenai iman," kata Abu Huraira, seorang relawan kampanye Explore Islam Foundation dan Islam & Muslim Initiative Qatar.


Pejabat Qatar mengatakan mereka berharap Piala Dunia 2022 bisa membantu memberikan pemahaman masyarakat dunia mengenai budaya dan wilayah mereka secara lebih luas.


Selain Garcia, Sergio Morales, seorang Guatemala juga mendapat pengalaman tentang Islam saat berada di Qatar. Morales juga mengikuti tur dan bahkan meminta salinan Al-Quran gratis.


"Hari ini saya jadi tertarik karena pemandu turnya berbahasa Spanyol jadi saya mampu memahaminya," kata Morales.


Beberapa pengunjung lainnya seperti Carlos Bustos, Mireya Arias, Jacobo, dan Matias juga mengaku mengunjungi pusat kebudayaan Qatar di sela-sela menonton pertandingan Piala Dunia. Sekelompok warga asal Kolombia itu membaca informasi yang tertera di plakat besar mengenai kontribusi dunia Islam terhadap kedokteran, sains, matematika, dan arsitektur.


"Apa yang kami lihat adalah bahwa mereka berusaha mengubah citra yang kami selama ini beredar di Barat dalam soal pandangan terhadap Islam. Ini memecahkan penghalang soal itu," kata Carlos.


Sementara itu, Arias mengaku kagum dengan pengabdian Muslim terhadap keyakinan mereka. Dia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Qatar untuk memperkenalkan Islam kepada para pengunjung.


"Mereka menggunakan banyak strategi untuk lebih dekat dengan pengunjung, agar kami mengerti dan belajar," ucapnya.


"(Contohnya) saat Anda menunjuk ke kode QR, kode tersebut akan memberikan penjelasan mengenai Al-Qur'an."[sb]

×
Berita Terbaru Update