Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pengamat Heran Mahfud MD Akui Kasus Korupsi di Era Jokowi Melebihi Orba

Desember 12, 2022 Last Updated 2022-12-12T06:22:46Z


Pengamat Politik dan pakar hukum tata negara Refly Harun mengaku heran mengetahui pernyataan terbuka Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD soal maraknya kasus korupsi.


Seperti diketahui, di sejumlah kesempatan Mahfud MD memang sempat menyebut secara terang bahwa korupsi di Indonesia saat ini jauh lebih gila dibandingkan era Orde Baru (Orba).


Refly pun mengungkap jika dirinya heran. Apalagi, Mahfud MD yang notabene sebagai Menko Polhukam tentu membawahi bidang yang terkait dengan pemberantasan korupsi.


“Lucu kan jadinya, orang dalam pemerintahan mengakui sendiri tapi dia menteri koordinator yang membawahi terkait pemberantasan korupsi, paling tidak mengkoordinasi kepolisian, kejaksaan, walaupun BIN sekarang berada di bawah presiden langsung,” bebernya.


“Dan tentu ini terkait dengan penegakan hukum, karena justru menko Polhukamnya mengatakan sendiri yang mengatakan korupsi sudah merajalela di segala penjuru kehidupan,” sambung Refly.


Senada dengan yang disampaikan Mahfud MD. Ia bahkan sudah terlanjur patah arah dengan proses penegakan hukum di Indonesia era Jokowi.


Baca Juga: Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Ganjar Bertemu Beberapa Tokoh Kecuali Anies


“Kalau saya terus terang saja sudah kadung agak patah arah dengan proses penegakan hukum di negeri ini,” ujarnya melalui kanal YouTube Refly Harun, Sabtu (10/12/2022).


Apalagi, saat ini bisa dibilang seluruh lembaga pemerintahan sudah masuk dalam pusaran kasus korupsi. Baik itu lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.


“Sepertinya semua lini korup baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif, bahkan sudah diakui sendiri oleh mahfud MD,” pungkasnya.[sb]

×