Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Luruskan Isu Bentrokan Maut PT GNI Imbas TKA Aniaya TKI

Januari 15, 2023 WIB Last Updated 2023-01-15T13:30:12Z


Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkasson Hehi meluruskan isu tenaga kerja asing (TKA) menganiaya tenaga kerja Indonesia (TKI) jadi pemicu bentrokan maut di pabrik nikel (smelter) PT. Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Desa Bunta, Petasia Timur, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1) malam.


"Tolong diluruskan informasinya ya. TKA yang diserang duluan, lalu terjadi bentrok. Di tengah bentrok ini, ada oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan perusakan dan penjarahan di asrama karyawan putri TKI," ujar Delis usai bertemu Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Minggu (15/1).


Ia menduga keras kerusuhan ini dipicu oleh provokator dari luar kepentingan kesejahteraan karyawan dan keberlangsungan industri nikel dengan membawa agenda-agenda mereka.


"Kami tidak ingin suasana tenteram dan damai yang selama ini terjaga di Morut, dirusak oleh para provokator. Kami menginginkan kehadiran investor untuk mengelola potensi daerah bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Delis mengaku sudah mengumpulkan ormas-ormas agar memiliki kesatuan pemahaman serta pernyataan yang benar terkait peristiwa ini. Ia juga meminta Camat Petasia Timur dan para kepala desa mengumpulkan warganya untuk memberikan pengarahan agar tidak terpancing dengan provokator.


Kerusuhan yang terjadi di lingkungan PT. GNI tersebut dilaporkan menimbulkan dua orang korban jiwa (meninggal dunia), seorang TKI dan seorang TKA.


Dilaporkan pula terjadi penjarahan di asrama putri TKI serta pembakaran asset perusahaan. Sekitar 70 orang telah ditahan kepolisian untuk diusut tuntas aksi anarkis tersebut.[SB]

×
Berita Terbaru Update