Notification

×

Iklan

Iklan

Menteri Israel ke Masjid Al-Aqsa, Hamas Wanti-wanti Perang

Januari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-01-03T13:55:13Z


Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, mengunjungi kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Kelompok Palestina penguasa Jalur Gaza, Hamas, menganggap kunjungan itu deklarasi perang.

Kunjungan tersebut berlangsung pada Selasa (3/1), usai Ben-Gvir berdiskusi dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sehari sebelumnya.


Dalam pembicaraan itu, mereka sepakat Ben Gvir mengunjungi titik pusat konflik.


Kompleks Al Aqsa memang kerap memicu konflik. Kawasan itu merupakan tempat suci bagi Islam dan Yahudi, yang menyebut kompleks Al Aqsa sebagai Temple Mount.


"Kita tak boleh tunduk kepada Hamas," ujar Ben-Gvir, seperti dikutip Ynet News.


Sejak awal, Hamas sudah mengecam rencana kunjungan ini. Mereka menilai tindakan tersebut berlebihan dan memperingatkan konflik akan meletus.


"[Rencana Ben-Gvir] mengindikasikan bahwa pemerintah pemukim fasis mulai berencana menyerang warga kami dan Masjid Al-Aqsa, dan mendeklarasikan perang terhadapnya [warga Palestina]," demikian pernyataan Hamas yang dikutip Times of Israel.


Beberapa diplomat negara-negara Arab juga menyampaikan kekhawatiran eskalasi konflik usai kunjungan pejabat Israel itu.


Mereka takut perang seperti saat Paskah dan bulan suci Ramadan dua tahun lalu kembali terjadi.


Pada April 2021, perang meletus antara Hamas dan pasukan Israel selama 11 hari. Imbas insiden itu, 260 warga Palestina tewas, termasuk perempuan dan anak-anak. Dari pihak Israel, 13 orang tewas.[SB]
×
Berita Terbaru Update