Notification

×

Iklan

Iklan

Pencipta Lagu 2019 Ganti Presiden Tinggalkan Gerindra Gabung Demokrat

Januari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-01-12T03:52:44Z


R. Mardi Hardjono alias Sang Alang, pencipta lagu 2019 Ganti Presiden resmi bergabung sebagai kader Partai Demokrat usai memutuskan hengkang dari Partai Gerindra.


Sang Alang membenarkan telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai kader Partai Gerindra untuk pindah ke Partai Demokrat.


"Iya benar. Resminya pindah kemarin. Saya sudah serahkan surat pernyataan mundur saya taruh di DPP Gerindra," kata Alang kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/1).


Alang menjelaskan alasan bergabung ke Demokrat untuk membawa perubahan Indonesia ke arah lebih baik. Ia mengatakan selama ini kerap bersuara melalui lagu yang diciptakannya terkait problem masyarakat.


Karena itu, Ia merasa tak enak hati bila tetap bersama Gerindra yang kini berada di dalam lingkar kekuasaan.


"Karena kalau ketum [Gerindra] ada di saya saya juga enggak enak. Secara hubungan saya baik-baik semua kok. Tapi rasa-rasanya tak etis saja. Apalagi sekarang masuk tahun politik kan. Mana mungkin saya jadi orang yang bisu terhadap perubahan. Sementara saya awal masuk ke politik berawal anak bangsa untuk perubahan," kata Alang.


Tak hanya itu, Alang berencana untuk maju sebagai calon anggota legislatif dari DI Yogyakarta. Ia mengaku punya kedekatan historis dengan Yogyakarta karena ayahnya berasal dari kawasan tersebut.


"Saya ambil Dapil DIY. Di DIY karena ayah saya kelahiran sana. Saya pernah dibesarkan disana 15 tahun," kata dia.


Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan Sang Alang telah bergabung dengan partainya sejak Rabu (11/1).


"Iya sudah [bergabung Demokrat] sejak kemarin," kata Kamhar.


Kamhar mengatakan Sang Alang memiliki keinginan mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif di Pemilu 2024 dari Dapil DIY. Sehingga, Ia memutuskan bergabung Demokrat. Terlebih, Demokrat memungkinkan Sang Alang maju dari Dapil tersebut.


"Komunikasi dengan kami memungkinkan dia maju dari sana," kata dia.


Pada gelaran Pilpres 2019 lalu, nama Sang Alang dikenal sebagai pencipta lagu 2019 Ganti Presiden dan pendukung Prabowo Subianto yang kala itu maju sebagai Capres. Lagu '2019 Ganti Presiden' merupakan kelanjutan dari aksi tagar #2019GantiPresiden.


Lagu itu kerap diputar dalam acara kampanye Prabowo.


Tak hanya Sang Alang, Kamhar juga membenarkan dua putra dari ulama almarhum Zainuddin MZ yang bernama Lutfi Eman Faluti dan H. M. Zakie MZ resmi bergabung dengan Demokrat.


Ia mengatakan salah satu di antaranya bakal maju sebagai caleg Demokrat untuk merebut kursi DPRD DKI Jakarta di Pemilu 2024.


"Mereka sehari sebelumnya [dari Sang Alang]. [Diproyeksi] maju di DPRD Provinsi DKI salah satunya," kata Kamhar.[SB]

×
Berita Terbaru Update