Notification

×

Iklan

Iklan

Sosok-Sepak Terjang Kombes Yulius Bambang Karyanto yang Ditangkap saat Asyik Nyabu Bareng Cewek

Januari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T01:27:20Z


Sosok, sepak terjang dan profil Kombes Yulius Bambang Karyanto banyak dicari orang setelah dia tertangkap saat asyik memakai narkoba atau nyabu dengan cewek di sebuah hotel di Jakarta.


Dari penelusuran Suara Denpasar, Kombes Yulius Bambang Karyanto merupakan perwira menengah polisi yang saat ini menjabat di Direktorat Polisi Perairan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan (Ditpolair Korpolairud Baharkam) Polri.


Dilihat dari Kartu Tanda Anggota (KTA) milik Kombes Yulius Bambang Karyanto yakni NRP 66070548, bisa terbaca dia kelahiran bulan Juli 1966. Artinya, 1,5 tahun lagi dia mestinya pensiun dari Polri.


Kombes Yulius Bambang Karyanto pernah bertugas di beberapa tempat. Di antaranya di Papua, kemudian ke Kalimantan Selatan, lanjut ke Jambi, dan kembali ke Papua. Terakhir dia mendapat job di Baharkam Polri.

Berdasarkan jejak digital dan berbagai sumber, Yulius Bambang Karyanto pernah menjadi Kasubdit Binops Dit Polairud Polda Papua.


Pada April 2011, saat itu dia masih berpangkat AKBP mendapat promosi menjadi Dir Polair Polda Kalsel. Dengan jabatan sebagai direktur di Polda Kalsel, maka dia langsung naik pangkat menjadi Kombes Pol.


Tidak lama kemudian, Yulius Bambang Karyanto dimutasi menjadi Dir Polair Polda Jambi pada 12 September 2013.


Saat menjadi Dir Polair Polda Jambi, dia juga merangkap sebagai Wadansatgas Karhutla Provinsi Jambi. Diketahui, Jambi menjadi salah satu daerah yang rawan terjadinya kebakaran hutan.


Dia juga pernah menangani kasus tenggelamnya kapal tug boat Kurnia milik PT Kurnia Tunggal di perairan Sungai Batanghari yang menewaskan tiga orang pada awal Januari 2016.


Yulius Bambang Karyato mendapat promosi menjadi Dir Polairud Polda Papua pada April 2016. Saat menjadi Dir Polairud Polda Papua, dia pernah mengungkap kasus narkoba melalui jalur perairan pada November 2018. 


Pelakunya adalah dua orang. Satu dari Papua Nugini dan satunya lagi warga Indonesia.Barang bukti yang disita berupa ganja 55,19 gram, HP, alat isap untuk mengkonsumsi narkoba.


Pada 21 Oktober 2019, Kombes Yulius Bambang Karyanto dimutasi ke Mabes Polri. Dia menjabat sebagai Kasubdit Fasharkan Ditpolair Kolporairud Baharkam Polri.


Nah, di tengah jabatannya di Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, dia makan tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. 


Dia ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya saat nyabu dengan seorang cewek di hotel di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (6/1/2023).


"Saya membenarkan bahwa itu hasil penindakan dari Serse Narkoba Polda Metro Jaya," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Sabtu (7/1/2023).


Saat penggeledahan juga ditemukan dua plastik klip sabu-sabu berisi masingi-masing 0,5 gram dan 0,6 gram di dalam kamar hotel tempat Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto ditangkap.


Hasil pemeriksaan urine Kombes Yulius Bambang Karyanto juga positif mengandung sediaan narkoba.


Berikut profil Kombes Yulius Bambang Karyanto yang ditangkap karena sedang nyabu dengan cewek di hotel:


Nama: Yulius Bambang Karyanto


Tanggal Lahir: 3 Juli 1966


Jabatan:


- Kasubdit Binops Dit Polairud Polda Papua.


- Dir Polair Polda Kalsel (2011-2013)


- Dir Polair Polda Jambi (2013-2016)


- Dir Polair Polda Papua (2016-2019)


- Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri (2019 - sekarang). [sb]

×
Berita Terbaru Update