Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PeduliLindungi Lenyap, Apa yang Mesti Dilakukan saat Mau Naik Kereta?

Maret 05, 2023 Last Updated 2023-03-05T09:56:19Z


Riwayat PeduliLindungi sebagai aplikasi pelacak pemantau kesehatan tamat setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggantinya menjadi SATUSEHAT. Bagaimana dampaknya terhadap pengecekan di stasiun kereta api?

Sebelumnya, PeduliLindungi digunakan untuk mengecek kesehatan penumpang di periode pandemi Covid-19. Pengecekan dilakukan di berbagai fasilitas umum termasuk stasiun kereta dengan cara pemindaian barcode.

 

Hal itu bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19. Jika negatif Covid-19, masyarakat dipersilakan masuk atau menggunakan fasilitas transportasi.

 

Jika positif, masyarakat diminta mengisolasi diri secara mandiri.

 

Akan tetapi, Kemenkes telah mengubah PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT per 28 Februari. Berdasarkan pantauan CNNINdonesia.com, update aplikasi baru tersedia pada 1 Maret.

 

Saat migrasi, beberapa pengguna mengalami gangguan saat hendak login.

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) Joni Martinus sempat mengimbau calon penumpang untuk menunjukkan dokumen vaksin berupa dokumen fisik atau softcopy di ponsel saat masuk stasiun.

 

"Pelanggan untuk sementara waktu diimbau membawa dokumen vaksin sebagai antisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan dalam menampilkan status vaksin. Hal ini terkait adanya proses migrasi aplikasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile," kata dia.

 

Berikut cara mengunduh sertifikat vaksin dari aplikasi:

 

Kenapa Udara Tidak Kelihatan?

1. Login akun pada Aplikasi SATUSEHAT Mobile.

 

2. Di halaman utama, pilih Menu Vaksin dan Imunisasi.

 

3. Pilih Menu Vaksin Dewasa.

 

4. Pilih data sertifikat sesuai dengan Nama Anda.

 

5. Pilih sertifikat yang akan Anda download (dosis 1, dosis 2, dosis 3, dosis 4).

 

6. Jika sudah muncul sertifikat, klik Unduh Sertifikat.

 

7. Sertifikat Anda telah berhasil di-download, pengecekan bisa dilakukan di:

 

- Folder File pada IOS

- Folder file/download pada Android

 

Terlepas dari itu, tidak ada perubahan tata cara pemakaian dari PeduliLindungi ke SATUSEHAT jika layanan sudah nornal. Pengguna hanya perlu masuk (log in) lalu pilih 'Check in' untuk bisa masuk ke fasilitas umum termasuk stasiun.[SB]

×