Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

2 Bayi Perempuan Lahir Selamat Hasil Kreasi Robot Penyuntik Sperma

April 29, 2023 Last Updated 2023-04-29T03:24:25Z


 

Dua bayi perempuan lahir hasil dari pembuahan terhadap sel telur dengan memanfaatkan robot penyuntik sperma. Robot itu dikontrol menggunakan stik PlayStation (PS).


Pembuahan itu berhasil usai salah satu pekerja menggunakan robot tersebut untuk menyuntikan sperma ke sel telur. Yang menarik, pekerja di perusahaan rintisan (start-up) Overture Life itu sebetulnya tak punya pengalaman dalam bidang obat-obatan untuk pembuahan.


Mengutip dari Futurism, pekerja tersebut menggunakan stik PS untuk mengendalikan jarum untuk menyuntikan sel sperma tunggal ke sel telur lebih dari lusinan kali. Prosedur penyuntikan itu dikenal dengan nama in vitro fertilization (IVF).


Dengan teknik yang tak biasa itu, dua bayi perempuan lahir di musim panas ini. "Saya tenang saja. Di momen tertentu, saya kira 'oh ini hanya satu lagi eksperimen," kata Eduard Alba, insinyur teknik mesin yang mengontrol perangkat tersebut, seperti dilansir MIT Technology Review.


Overture Life menilai perangkat tersebut sebetulnya masih tahap awal untuk menuju IVF yang lebih otomatis. Keberadaannya pun membuat prosedur yang berkaitan dengan pembuahan potensial menjadi lebih murah dan lazim daripada sekarang.


Saat ini, para staf di laboratorium IVF dilatih oleh pakar embriologi untuk melaksanakan prosedur yang sama. Pasalnya, jarum yang digunakan untuk menyuntikan sperma itu sangat tipis sehingga harus digunakan di bawah mikroskop.


Lebih lanjut, Overture juga tengah mengajukan aplikasi hak paten yang menggambarkan 'biochip' untuk laboratorium IVF. Biochip tersebut dilengkapi dengan reservoir tersembunyi yang mengandung cairan pertumbuhan dan saluran kecil untuk mengalirkan sperma.


"Pikirkan sebuah box di mana sperma dan sel telur masuk dan embrio keluar lima hari kemudian," kata ahli genetika, Santiago Munne yang juga Kepala Inovasi di Overture.


Sebagai gantinya, Santiago mengatakan sel telur pasien mungkin saja langsung disuntikan langsung ke sistem kesuburan otomatis di kantor ginekolog. "Harus lebih murah. Dan jika ada dokter yang bisa melakukannya, itu akan terjadi, "kata Munné.


Selain Overture Life, ada beberapa perusahaan rintisan lain dengan target serupa seperti AutoIVF, IVF 2.0, Conceivable Life Sciences, dan Fertilis. Namun, Overture menjadi perusahaan rintisan dengan dana investor paling banyak US$37 miliar.[SB]

×