Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pria Asal Yogyakarta Ini Sukses Jadi Peternak Burung Finch hingga Bisa Lunasi Utang Miliaran

Mei 30, 2023 Last Updated 2023-05-30T00:08:18Z


Berkat kegigihannya dalam menekuni dan mempelajari cara beternak burung finch, pria asal Sleman, Yogyakarta, Banu Bimo Ariwibowo mampu melunasi utang miliaran Rupiah akibat usaha sebelumnya mengalami kebangkrutan. Awal mula dirinya memutuskan berkecimpung karena terinspirasi dari pamannya yang sudah lebih dulu menekuni usaha peternakan burung finch. 


Banu mengatakan, saat itu dia melihat konsumen yang membeli tujuh ekor burung finch seharga Rp7 juta. 


“Padahal orang itu menaiki motor yang sudah lama. Mungkin harga motornya bisa dijual hanya dengan Rp2 juta hingga Rp3 juta, tapi dia berani beli burung finch dengan harga Rp7 juta secara cash,” ujar Banu dikutip dari YouTube CapCapung, Senin (29/5/2023). 


Selain melihat prospek usahanya, Banu merasa masih banyak orang yang meremehkan peternakan burung finch, sehingga belum banyak orang yang berkecimpung dalam bidang ini. Bahkan, banyak yang menganggap pendapatan yang dihasilkan dari peternakan burung finch tidak seberapa. 


Padahal, menurut Banu, peternak bisa menjual dengan harga yang mahal dengan modal sedikit. Pasalnya, biaya untuk merawat satu ekor burung finch per harinya hanya berkisar Rp100. Sementara, pendapatan yang dihasilkan bisa jauh lebih tinggi.


“Kalau kita jual harga Rp25.000 saja, keuntungannya sudah sangat besar. Saat ini saya bisa menjual dari Rp500.000, Rp700.000, bahkan ada yang sampai Rp3 juta,” katanya.


Banu bahkan sempat diremehkan oleh keluarganya karena butuh waktu hingga satu tahun untuk akhirnya menghasilkan keuntungan. Namun, Banu tetap menekuni dan menambah banyak pengetahuan dengan membaca di website dan YouTube peternakan dari negara-negara Eropa yang memberikan banyak inspirasi mengenai cara bertenak burung finch yang baik.


Kendati demikian, Banu mengakui bahwa dibutuhkan ketekunan yang tinggi untuk mempelajari dengan detail mengenai peternakan finch. Mulai dari suhu ruangan, banyaknya pakan yang diberikan, dan sebagainya. Peternak pun harus memastikan kebersihan dari setiap kandangnya.


“Ini terjadi karena rawan terkena bakteri. Nanti bisa kena penyakit dan sebagainya. Jadi harus tekun untuk selalu membersihkan kandang dan memastikan kebersihannya,” tuturnya.


Menurutnya, peternakan burung finch ini memiliki potensi yang besar. Apalagi Indonesia kaya dengan jenis-jenis burung finch yang belum dikelola dan dikulik dengan baik. [SB]

×