Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PSI Daftarkan 580 Bacaleg, Targetkan Raup 15 Juta Suara

Mei 14, 2023 Last Updated 2023-05-14T04:39:12Z


Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif tingkat DPR RI untuk bertarung dalam Pemilu 2024 ke KPU RI, Minggu (14/5) pagi. Partai tersebut menargetkan 15 juta suara dalam pemilu tahun depan. 


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, PSI memulai prosesi pendaftaran dengan melakukan konvoi jalan kaki bersama puluhan kader dan tiba di Kantor KPU RI pada pukul 08.20 WIB.


Ketua Umum PSI Giring Ganesha dan Jubir PSI Cheryl Tanzil terlihat mengenakan jaket berwarna merah dengan wajah Presiden Jokowi sambil membawa poster bertuliskan "Tegak Lurus Bersama Pak Jokowi". 


Giring menyebut dari keseluruhan calegnya, 30 persen di antaranya merupakan perempuan.


"Di tingkat DPR RI tingkat keterwakilan perempuan sudah 30 persen seperti yang disyaratkan dengan undang-undang," kata Giring di Kantor KPU RI, Minggu (14/5).


Giring menerangkan PSI menargetkan memenuhi ambang batas parlemen dengan meraup 15 juta suara. Ia pun optimistis partainya akan berhasil.


"Kami menargetkan 15 juta suara di pemilu 2024. Kami optimis bisa mencapai target tersebut karena kami menjawab aspirasi masyarakat," ucapnya.


Giring juga mengatakan ada sejumlah nama artis seperti Badai Kerispatih dan komedian Rony Immanuel atau Mongol yang akan maju memperebutkan kursi DPR RI. Namun, Giring enggan membeberkan semuanya.


Sebelumnya, KPU membuka pendaftaran calon anggota DPR dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota mulai 1-14 Mei 2023.


KPU telah menetapkan 18 parpol sebagai peserta Pemilu 2024. Mereka di antaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, Partai Garuda, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat. [SB]

×