Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sinyal 3G Telkomsel Dimatikan Total Bulan ini, Termasuk Jabodetabek

Mei 09, 2023 Last Updated 2023-05-09T06:20:47Z


Telkomsel melakukan tahap akhir suntik mati alias pemadaman total jaringan 3G di 31 kota dan kota/kabupaten pada Mei, termasuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodekatabek).


Proses suntik mati 3G dalam rangka pemerataan jaringan 4G/LTE ini merupakan tahap terakhir. Program ini sendiri sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sampai saat ini telah mencakup 473 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan.


Telkomsel mengaku mengupayakan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringan selama proses peningkatan ke 4G/LTE berlangsung guna memastikan kenyamanan pelanggan untuk mengakses layanan broadband.


"Sejak tahap awal program peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga memasuki tahap terakhir ini, Telkomsel memastikan untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan selama rangkaian proses berlangsung," ujar Nugroho, Direktur Network Telkomsel, dalam sebuah keterangan, Senin (8/5).


Telkomsel juga terus mendorong pelanggannya untuk segera melakukan migrasi ke uSIM 4G, agar pelanggan dapat merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD yang bisa dinikmati sambil mengakses internet.


Baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan menggunakan layanan VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel.


Hingga saat ini, Telkomsel mencatat adanya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebesar 38 persen Year on Year (YoY) yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 15 persen (YoY).


Telkomsel menyebut peningkatan tersebut salah satunya karena kehadiran beragam program dan produk menarik, di antaranya menghadirkan promo bagi pelanggan yang melakukan migrasi/penukaran uSIM 4G.


Selain untuk pelanggan individu, Telkomsel turut mendorong korporasi yang memiliki layanan machine-to-machine (M2M) seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk melakukan migrasi ke teknologi perangkat yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel.


Sebelumnya, Telkomsel memundurkan target pemadaman sinyal 3G karena masih ada jutaan gawai belum bisa upgrade ke 4G, termasuk mesin EDC.


"Ada sekitar 10 juta [gawai spek 3G] kalau enggak salah," Direktur Network Telkomsel Nugroho, saat ditanya soal angka pelanggan yang masih 3G, ditemui di Badung, Bali, Rabu (19/10).


Untuk pemadaman 3G tahap akhir ini, wilayahnya mencakup Aceh, Jabodetabek, hingga Papua.


Wilayah-wilayah itu di antaranya Sabang (Aceh); Karawang, Kota Sukabumi, Purwakarta (Jawa Barat);


Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Bekasi, Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.


Kota Cilegon, Kota Serang, Lebak, Pandeglang (Banten); Barito Selatan (Kalimantan Tengah);


Konawe (Sulawesi Tenggara), Morowali Utara (Sulawesi Tengah), Tomohon (Sulawesi Utara), Gianyar dan Tabanan (Bali), Sumbawa Barat (NTB), Flores Timur dan Ende (NTT), Maluku Barat Daya (Maluku), Merauke dan Jayapura (Papua).[SB]

×