Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Anggaran Pembangunan Jalan Lampung

Mei 07, 2023 Last Updated 2023-05-07T07:03:06Z


Menkeu Sri Mulyani Indrawati buka-bukaan soal anggaran pembangunan jalan di Lampung yang ternyata jauh lebih besar dari yang selama ini diketahui ada di budget pemerintah daerah.


Sebelumnya, Presiden Jokowi menjajal langsung jalan rusak di Lampung usai viral video Tiktoker Bima Yudho soal kampung halamannya yang "enggak maju-maju" itu.


Dia pun menyinggung dampak kerusakan infrastruktur terhadap harga bahan pokok.


"Provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," ucap Jokowi, Jumat (5/5).


Gubernur Lampung mengakui tahun ini akan melakukan perbaikan beberapa ruas jalan prioritas yang berdampak pada perekonomian. Yakni, Ruas Kota Gajah - Simpang Randu, Ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya dan Ruas Seputih Surabaya - Sadewa.


Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 Lampung, belanja infrastruktur jalan di provinsi ini cuma mencapai Rp72,44 miliar.


Total anggaran itu tak sampai 1 persen dari total anggaran belanja Lampung yang mencapai Rp7,38 triliun.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemudian merilis rincian anggaran pembangunan jalan, baik tol maupun non-tol, di Lampung berikut sumber dananya.


"Tahukah kamu berapa jumlah APBN dan APBD serta instrumen Keuangan Negara yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Lampung dan Sumatera?" tutur dia di akun Instagram-nya.


Secara garis besar, anggaran pembangunan jalan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


Berikut rinciannya versi Sri Mulyani:


APBN

a. Belanja Kementerian/Lembaga PUPR (Rp588,7 M)


Belanja kementerian/lembaga (K/L) PUPR untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional 2023 dialokasikan Rp588,7 miliar dan sudah terealisasi Rp81,6 miliar hingga 2 Mei 2023.


"Realisasi tahun 2022 sendiri mencapai Rp508,1 miliar," tulis Sri Mulyani dalam unggahannya.


b. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Jalan Tahun 2023 (Rp402,44 M)


Ada transfer dana dari Pusat ke Pemda untuk pembangunan jalan atau Dana Alokasi Khusus (DAK Fisik) 2023 provinsi/kabupaten/kota seluruh Lampung sebesar Rp402,44 miliar untuk jalan sepanjang 231,9 km.


c. Tol Sumatera yang melintasi Provinsi Lampung (Rp48,27 T)


Ada dua ruas jalan tol yang melintasi Provinsi Lampung yakni:


- Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km) dengan anggaran dari dukungan pemerintah dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp2,2 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp22,09 triliun.


Selain itu, anggaran pembebasan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp3,75 triliun.


- Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km) dengan anggaran dari PMN Rp4 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp14,37 triliun.


Anggaran pembebasan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp1,86 triliun.


Sebagai catatan, jalan tol ini tak cuma melintasi provinsi Lampung. Beberapa ruas yang dipaparkan Menkeu juga masuk wilayah Sumatera Selatan.


Menkeu mengungkap Anggaran Untuk Program Penyelenggaraan Jalan APBD 2023 Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Lampung mencapai Rp2,16 triliun.


Sementara, anggaran jalan di Provinsi Lampung sendiri mencapai Rp886,8 miliar.


Secara keseluruhan, anggaran jalan di seluruh pemda di Lampung mencapai Rp3,04 triliun.[SB]

×