Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pengemudi Fortuner yang Arogan di Jakut Beli Pelat Dinas Polri Palsu di Online Shop Rp500 Ribu

Oktober 21, 2023 Last Updated 2023-10-21T00:57:43Z


 

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa Bangsa (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/OCHA), memperingatkan kondisi di Jalur Gaza kian mengerikan seiring dengan krisis listrik dan air yang terus berlangsung hingga kini.


"Produksi air dari sumber air tanah berada pada tingkat kurang dari lima persen dibandingkan sebelum krisis terbaru ini. Kurangnya bahan bakar, ketidakamanan dan kerusakan jalan telah menyebabkan terhentinya operasi angkutan air di sebagian besar wilayah," bunyi pernyataan OCHA, seperti dikutip CNN.


Berdasarkan catatan OCHA, sekitar 1 juta warga Gaza, yang kini tak punya rumah, tinggal di wilayah mengkhawatirkan seperti ini.


Kesehatan gizi masyarakat ini memburuk di tengah "pasokan air yang sangat terbatas, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi dan menyebabkan orang mengonsumsi air yang tidak layak minum."


Michael (26), pengemudi mobil Toyota Fortuner yang arogan di Jakarta Utara, ternyata membeli pelat dinas Polri palsu secara online seharga Rp500 ribu.


"Pelat tersebut dipesan dari salah satu marketplace dengan harga Rp500 ribu dan itu pelat palsu," ujar Kanit 2 Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Eko Barmula, dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023).


Ia mengatakan, motif Michael memakai pelat dinas palsu itu lantaran ingin merasa aman agar menghindari tilang polisi.


Padahal, ia bukan anggota Polri maupun pegawai dinas Kementerian Pertahanan (Kemenhan), melainkan orang swasta.


Adapun pelat dinas palsu 5727-00 ternyata bertuliskan Kemenhan.


"Tersangka melakukan tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan dengan ancaman kekerasan tersebut karena kesal di mana mobil CRV warna hitam ini dugaan dari kata keterangan dari tersangka, dengan pelat nomor polisi B 1852 BJS yang dikendarai korban menyalip mobil pelaku," ujar Eko.


Sementara itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Samian mengatakan, pihaknya saat ini sedang berkomunikasi dengan marketplace terkait penjualan pelat dinas Polri palsu itu.


Pemanggilan pihak yang menjual di marketplace akan dilakukan untuk jalani pemeriksaan guna tentukan proses lebih lanjutnya.


"Terhadap penjual akan kami lakukan pemanggilan dan pemeriksaan, terkait dengan penjual apakah nanti bisa dikenakan sanksi atau tidak, tentunya mekanismenya nanti akan kami ikuti," kata Samian. 


Videonya viral


Viral video sopir mobil Fortuner berpelat dinas Polri menodong pengendara lain dengan besi.


Pengemudi tersebut marah-marah diduga tak diberi jalan oleh pengendara lain.


Peristiwa itu terjadi di Jalan Raya seberang Emprium Pluit Mall, Penjariangan, Jakarta Utara, pada Minggu (15/10/2023).


Dalam video yang beredar sopir Fortuner tersebut mengancam pengendara mobil lain.


Kemudian sopir tersebut menutup pintu lalu tancap gas.


Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto mengatakan bahwa masih dalam penelusuran.


"Baru kami telusuri terkait hal tersebut," ucapnya, Senin (16/10/2023).[SB]

×