Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Imam Masjid Ditembak Mati ketika Hendak Shalat Subuh di New Jersey

Januari 06, 2024 Last Updated 2024-01-06T03:27:52Z



Hassan Sharif, seorang imam berusia 52 tahun, ditembak di luar sebuah masjid di New Jersey pada Rabu (3/1/2024) tepat sebelum shalat subuh.


Sharif ditembak di luar Masjid Muhammad di mana dia telah menjadi imam selama lebih dari empat tahun, The New York Times melaporkan.


Pelaku penembakan masih buron dan motifnya masih belum jelas, namun Jaksa Agung New Jersey, Matthew Platkin, mengatakan tidak ada indikasi bahwa serangan itu dimotivasi oleh bias atau tindakan terorisme.


“Kami juga tahu bahwa Imam Sharif hanyalah korban terbaru dalam epidemi kekerasan bersenjata yang melanda negara bagian dan negara kami,” kata Platkin.


Penegak hukum sedang mencari pelaku penembakan dan meminta informasi apa pun yang dapat membantu mengidentifikasi pelaku penembakan.


“Kami belum mengetahui seluruh detailnya, namun inilah yang kami ketahui: Imam Hassan Sharif mendukung masyarakat kota ini, dan kami akan mendukung dia dan keluarganya,” kata Wali Kota Newark Ras Jua Baraka dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (3/1).


Pada hari yang sama, banyak orang berkumpul untuk memprotes dan mendorong pihak berwenang untuk membawa pelaku ke pengadilan.


Kekerasan terhadap Muslim dan Yahudi telah mengalami peningkatan tajam sejak dimulainya perang di Gaza pada Oktober. Dewan Hubungan Amerika-Islam (Cair) melaporkan 2.171 permintaan bantuan dan laporan bias hanya dalam waktu dua bulan setelah perang dimulai.


Direktur FBI Christopher Wray mengatakan antisemitisme di AS mencapai tingkat yang belum pernah terjadis sebelumnya setelah perang di Gaza, dan mengatakan 60 persen dari semua kejahatan kebencian berbasis agama menargetkan orang-orang Yahudi.


Wahy-ud Deen Shareef, pemimpin Dewan Imam di New Jersey, mengatakan bahwa imam tersebut dikenal sangat aktif dalam komunitasnya, The New York Times melaporkan.


Sharif ditembak beberapa kali dan meninggal karena luka-luka yang dialaminya pada sore yang sama saat dia ditembak. Sheriff Essex County Armando Fontoura mengatakan hadiah $25.000 ditawarkan kepada siapa pun yang memiliki informasi tentang penembakan itu.


Penembakan itu bukan pertama kalinya Sharif diserang, menurut postingan Facebook yang dia buat pada Agustus 2023.


“Setiap pagi sebagai rutinitas harian saya, saya pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat subuh, ternyata itu adalah ujian yang pasti, ketika saya keluar dari kendaraan menuju ke dalam, saya didekati oleh seseorang yang tidak saya kenal dari belakang dan menodongkan pistol di kepalaku.”


Sharif mengatakan dia mampu menarik senjatanya menjauh dari penyerang dan mencoba melepaskan tembakan untuk memperingatkan penyerang, namun senjatanya salah sasaran, dan penyerang melarikan diri.


Cair-New Jersey mengatakan pada Kamis (4/1) bahwa pihaknya bergabung dengan Aliansi Antaragama Newark dalam menuntut penembak imam tersebut menyerahkan diri.


“Imam Hassan adalah teladan kepemimpinan dan keunggulan. Kami sangat terpukul mendengar berita pembunuhannya. Kami berdoa untuk imam, keluarga dan orang-orang terkasihnya, serta jemaahnya, dan kami meminta semua orang untuk melakukan hal yang sama.


“Meskipun motif pelaku masih belum diketahui dan terlepas dari insiden spesifik ini, kami menyarankan semua masjid untuk tetap membuka pintunya namun tetap berhati-hati, terutama mengingat meningkatnya fanatisme anti-Muslim baru-baru ini,” kata Cair dalam sebuah pernyataan. [SB]

×