Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pesawat Canggih NASA Lebih Cepat dari Suara Tapi Senyap

Januari 16, 2024 Last Updated 2024-01-16T08:32:38Z



NASA dan Lockheed Martin secara resmi meluncurkan pesawat supersonik senyap X-59.


X-59 adalah pesawat eksperimental yang unik, bukan prototipe, dan teknologinya menjadikannya sebagai pesawat supersonik yang senyap.


Dengan menggunakan pesawat eksperimental unik ini, NASA bertujuan mengumpulkan data yang dapat merevolusi perjalanan udara. Juga untukmembuka jalan bagi pesawat komersial generasi baru yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan suara.


"Ini adalah pencapaian besar yang hanya bisa dicapai melalui kerja keras dan kecerdikan NASA dan seluruh tim X-59," kata Wakil Administrator NASA Pam Melroy, dikutup dari laman resmi NASA, Senin (15/1/2024).


"Hanya dalam beberapa tahun saja kami telah beralih dari konsep ambisius menjadi kenyataan. X-59 milik NASA akan membantu mengubah cara kita melakukan perjalanan, mendekatkan kita dalam waktu yang jauh lebih singkat," imbuhnya.


X-59 adalah inti dari misi Questst NASA, yang berfokus pada penyediaan data untuk membantu regulator mempertimbangkan kembali peraturan yang melarang penerbangan supersonik komersial di darat.


Selama 50 tahun, AS dan negara-negara lain telah melarang penerbangan semacam itu karena gangguan yang disebabkan oleh ledakan sonik yang keras dan mengejutkan terhadap komunitas di bawahnya.


X-59 diperkirakan terbang dengan kecepatan 1,4 kali kecepatan suara, atau 925 mph. Desain, bentuk dan teknologinya akan memungkinkan pesawat mencapai kecepatan tersebut sekaligus menghasilkan dentuman sonik yang lebih pelan.


"Sangat menarik untuk mempertimbangkan tingkat ambisi di balik Quest dan potensi manfaatnya," kata Bob Pearce, administrator asosiasi penelitian aeronautika di Markas Besar NASA di Washington.


NASA akan berbagi data dan teknologi yang mereka hasilkan dari misi unik ini dengan regulator dan industri.


Dengan menunjukkan kemungkinan perjalanan supersonik komersial yang tenang melalui darat, lembaga penerbangan itu berupaya membuka pasar komersial baru bagi perusahaan-perusahaan AS dan memberikan manfaat bagi wisatawan di seluruh dunia


Setelah peluncuran selesai, tim Quest akan beralih ke langkah selanjutnya dalam persiapan penerbangan pertama, yakni pengujian sistem terintegrasi, pengoperasian mesin, dan pengujian taksi untuk X-59.


Pesawat ini akan lepas landas untuk pertama kalinya pada akhir tahun 2024, diikuti dengan penerbangan supersonik pertama yang senyap.


Tim Quest akan melakukan beberapa tes penerbangan pesawat di Skunk Works sebelum memindahkannya ke Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di Edwards, California, yang akan menjadi basis operasinya.


"Di kedua tim, ilmuwan, insinyur, dan pengrajin produksi yang berbakat, berdedikasi, dan bersemangat telah berkolaborasi untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat ini," kata John Clark, wakil presiden dan manajer umum di Lockheed Martin Skunk Works.


"Kami merasa terhormat menjadi bagian dari perjalanan ini untuk membentuk masa depan perjalanan supersonik melalui darat bersama NASA dan pemasok kami." sambungnya


Setelah NASA menyelesaikan uji penerbangan, badan tersebut akan menerbangkan pesawat tersebut ke beberapa kota yang akan dipilih di seluruh Amerika, mengumpulkan masukan tentang suara yang dihasilkan X-59 dan bagaimana orang melihatnya.


NASA juga akan memberikan data tersebut kepada Federal Aviation Administration dan regulator internasional. [SB]

×