Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Toyota Mengembangkan Mesin Pembakaran Baru

Februari 02, 2024 Last Updated 2024-02-02T08:48:57Z


Pimpinan perusahaan percaya bahwa orang harus memiliki pilihan daripada dipaksa untuk membeli mobil listrik.


Toyota menjual lebih banyak mobil pada tahun 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tetapi kendaraan listrik memiliki dampak minimal terhadap pertumbuhan tersebut.


Dari 11.233.039 kendaraan yang dikirim oleh konglomerat Jepang, hanya 104.018 yang merupakan kendaraan listrik.


Hanya 0,926 persen dari mobil yang dijual oleh Toyota, Lexus, dan anak perusahaan lainnya tahun lalu adalah mobil listrik bertenaga baterai.


Dengan mempertimbangkan hal tersebut, perusahaan menganggap masih ada kebutuhan untuk mesin pembakaran.


Dalam pidatonya di depan 200 manajer dan eksekutif perusahaan, Chairman Akio Toyoda menegaskan kembali rencana untuk "proyek pengembangan mesin besar".


Pernyataannya sejalan dengan pengumuman yang dibuat di Tokyo Auto Salon 2024 di mana dia "menggunakan kesempatan itu untuk memberi tahu semua orang bahwa kami akan terus mengembangkan mesin."


Selama sesi tanya jawab, Toyoda mengungkapkan keyakinannya bahwa EV baterai tidak akan pernah melebihi pangsa pasar 30 persen, terlepas dari kemajuan teknologi.


Akibatnya, 70 persen sisanya akan diwakili oleh mobil bensin, hibrida, dan mobil listrik sel bahan bakar. Pimpinan perusahaan juga menyebutkan bahwa mesin pembakaran hidrogen berpotensi menawarkan solusi. Diesel tidak disebutkan.


Saat menjawab pertanyaan dari para jurnalis, Toyoda tidak hanya berfokus pada dekarbonisasi. Dia juga menyinggung masalah pekerjaan:


"Jika kita tiba-tiba beralih ke BEV, saya yakin 5,5 juta orang di industri otomotif Jepang yang telah menghabiskan hidup mereka bekerja di bidang mesin akan mulai mempertanyakan, 'Untuk apa semua itu? Beberapa pemasok yang berhubungan dengan mesin kami bahkan tidak dapat membuat bank meminjamkan uang kepada mereka."


Kita telah mencapai titik di mana pengumuman mesin pembakaran baru menjadi sebuah kejutan.


Pada tahun 2024, para produsen mobil sebagian besar berfokus pada pengungkapan rencana untuk mobil listrik baru. Beberapa bahkan menyatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi mobil ICE di tahun-tahun mendatang.


Sebagai contoh, merek-merek seperti Jaguar, Chrysler, Lotus, Aston Martin, Bentley, Buick, Cadillac, Rolls-Royce, Genesis, Maserati, Mini, Opel/Vauxhall, dan Volvo telah berkomitmen untuk menjadi mobil listrik murni pada akhir dekade ini.


Bahkan merek Lexus dari Toyota telah berjanji untuk menghentikan penjualan mobil dengan mesin pembakaran pada tahun 2035.


Di Eropa, Stellantis berjanji untuk hanya menjual mobil listrik pada akhir dekade ini. Mercedes juga berniat untuk beralih ke mobil listrik sepenuhnya di Benua Biru pada tahun 2030, tetapi hanya "jika kondisi pasar memungkinkan."


Pesaingnya, Audi, akan berhenti membuat mobil dengan mesin pembakaran pada tahun 2032. BMW belum menetapkan tanggal batas akhir. Merek utama Volkswagen hanya akan membuat mobil listrik di Eropa mulai tahun 2033.


Toyota melihat hal yang berbeda, karena mereka percaya bahwa mobil listrik baterai tidak bisa menjadi satu-satunya solusi untuk mencapai netralitas karbon.


Akio Toyoda menyebutkan bahwa infrastruktur pengisian daya masih jauh dari siap, dengan menunjukkan bahwa "satu miliar orang hidup tanpa akses listrik" di seluruh dunia.


Karena Toyota menjual mobil di wilayah-wilayah tersebut, menggunakan mobil listrik sepenuhnya tidak masuk akal.

×