Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Massa Bela Palestina di Depan Kedubes AS Serukan Boikot Kurma Israel

Maret 09, 2024 Last Updated 2024-03-09T08:29:42Z


Sejumlah masyarakat dari berbagai ormas Islam menggelar aksi bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta Pusat pada Sabtu (9/3). Aksi ini dimotori oleh organisasi Majelis Ormas Islam (MOI).


Ketua MOI, Nazar Haris, mengungkapkan beberapa tuntutan yang di bawa dalam aksi kali ini. Salah satunya adalah memboikot produk terkait Israel, termasuk kurma.


"Oh, iya. Jadi salah satu yang kita perlu lakukan adalah tekanan kepada Israel. Di antara tekanan pada Israel ialah boikot, karena Israel selama ini juga telah merasakan dampak dari boikot-boikot yang dilakukan dunia," kata Nazar saat ditemui.


Nazar menambahkan, aksi ini juga ditujukan agar warga Gaza bisa menjalankan ibadah Ramadan. Lalu, aksi kali ini juga meluncurkan gerakan baru yang dinamakan Indonesia Nine for One Gaza. Gerakan ini dalam rangka membantu penghidupan masyarakat di Palestina.


"Sembilan keluarga Indonesia akan menanggung beban hidup satu keluarga Gaza dan itu sangat mudah insyaAllah," ucap Nazar.


"Di sana, di Gaza ada 300 ribu keluarga, karenanya dibutuhkan 2.700.000 keluarga Indonesia dari 75 juta yang ada di Indonesia. Sehingga kurang lebih 5 persen keluarga Indonesia akan mendukung Gaza," jelas dia.


Dalam aksi unjuk rasa ini juga, Nazar menyebut, awalnya akan ada long march dari depan Kedubes AS menuju Bundaran HI. Namun rencana itu tak bisa dilakukan karena polisi menutup akses massa aksi.


"Tapi rupanya pihak kepolisian keberatan kalau kita sampai ke Bundaran HI, sehingga dibatasi sampai Patung Kuda saja. Enggak apa-apa, enggak ada masalah. Buat kita ini sekaligus menunjukkan kalau kita taat hukum, kalau kita ikut aturan," tutupnya.

×