Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Hari Raya Idul Fitri,Lengkap dengan Adab Sesuai Hadits

April 05, 2024 Last Updated 2024-04-05T07:35:46Z


Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Adab Sesuai Hadits.


Idul Fitri adalah akhir dari perjuangan kita selama sebulan penuh di bulang gemblengan bulan Ramadan.


Banyak orang mempersiapkan untuk menyambut kedatangannya. Selain berbahagia dengan mempersiapkan sandang dan pangan untuk berhari raya, apa sajakah amalan yang kita siapkan untuk menyambut kedatangan idul fitri? Berikut penjelasannya.


1. Zakat Fitrah


Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan orang miskin.


Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Hasan)


2. Takbiran


Penghujung Ramadhan ini ditutup pula dengan takbir sebagaimana Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu bertakwa pada Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Baqarah: 185).


Takbir ini disunnahkan untuk dikumandangkan sejak berangkat dari rumah hingga pelaksanaan shalat Idul Fitri. Dalam suatu riwayat disebutkan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari raya ‘Idul Fithri, lantas beliau bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan.


Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir.” (Dikeluarkan dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 171)


3. Saling mendoakan


Agar amalan kita di bulan Ramadhan diterima juga suatu hal yang dianjurkan saat hari raya. Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amalmu).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan (Fathul Bari, 2: 446).


4. Mandi Sebelum Shalat Idul Fitri


Sunnah untuk mandi sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Rasulullah SAW selalu mandi pada hari raya Idul Fitri, menunjukkan pentingnya bersuci sebelum beribadah.


5. Berhias Diri dan Memakai Pakaian Terbaik


Dianjurkan bagi umat Islam untuk berhias diri dan memakai pakaian terbaik saat Idul Fitri. Hal ini menunjukkan kegembiraan dan kesiapan untuk merayakan hari raya dengan indah.


6. Makan Sebelum Shalat Idul Fitri


Rasulullah SAW biasa makan sebelum shalat Idul Fitri sebagai tanda bahwa hari tersebut tidak lagi berpuasa. Sunnah untuk menyantap makanan sebelum berangkat ke tempat shalat.


7. Bertakbir dari Rumah Menuju Tempat Shalat


Sejak bulan Ramadhan berakhir, umat Islam diperintahkan untuk bertakbir sebagai ungkapan syukur. Bertakbir dari rumah menuju tempat shalat menunjukkan kegembiraan atas berakhirnya bulan suci Ramadhan.


8. Saling Mengucapkan Selamat


Sunnah untuk saling mengucapkan selamat di hari raya Idul Fitri. Ucapan seperti "Taqabbalallahu minna wa minkum" (semoga Allah menerima amalan kita dan kalian) merupakan doa yang baik untuk sesama umat Islam.


9. Melewati Jalan Pergi dan Pulang yang Berbeda


Rasulullah SAW biasa membedakan jalan pergi dan pulang saat berangkat ke tempat shalat Idul Fitri. Hal ini dilakukan agar banyak bagian bumi menjadi saksi atas perbuatan baik umat Islam dalam merayakan hari raya.


Insya Allah dengan mengamalkan amalan sunnah dan adab di atas, umat Islam dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan dan berkah.


Itulah Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Adab Sesuai Hadits.

×