Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tanda dan Penyebab Gula Darah Rendah, Bisa Terlihat di Pagi Hari

April 15, 2024 Last Updated 2024-04-15T03:13:06Z


Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan kadar glukosa dalam aliran darah.


Gula darah rendah di pagi hari adalah hal yang umum terjadi pada penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.


Namun, hal ini juga dapat terjadi pada mereka yang bukan penderita diabetes tetapi mungkin memiliki masalah kesehatan lain.


Apa yang menyebabkan gula darah rendah di pagi hari?


Ada beberapa penyebab gula darah rendah di pagi hari, beberapa penyebab umum hipoglikemia pagi hari meliputi:


1. Berpuasa dalam waktu yang lama dalam semalam


Berpuasa dalam waktu yang lama tanpa makan, terutama bagi penderita diabetes, dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah.


2. Obat-obatan


Obat-obatan diabetes tertentu, terutama obat diabetes kerja panjang seperti sulfonilurea atau insulin, dapat menyebabkan glukosa darah rendah jika dosisnya terlalu tinggi atau jika terdapat ketidakseimbangan antara asupan obat dan makanan.


3. Meningkatkan aktivitas fisik


Melakukan aktivitas fisik, terutama menjelang waktu tidur, bukanlah ide yang baik. Hal ini dikarenakan tubuh menggunakan glukosa untuk energi selama berolahraga.


4. Kegagalan organ


Menurut ahli, penyakit ginjal kronis atau kegagalan organ lainnya dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kadar glukosa darah.


5. Ketidakseimbangan hormon


Ketidakseimbangan hormon tertentu seperti fungsi adrenal yang rendah atau kadar hormon pertumbuhan yang rendah dapat menyebabkan gula darah rendah.


6. Masalah pencernaan


Muntah atau diare dapat menyebabkan hilangnya glukosa dan pada gilirannya, berkontribusi pada rendahnya glukosa darah di pagi hari.


7. Diet rendah karbohidrat


Anda mungkin berpikir bahwa mengonsumsi makanan yang hampir tidak mengandung karbohidrat adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan.


Namun, mengikuti diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan berkurangnya ketersediaan glukosa.


Apa saja tanda dan gejala gula darah rendah di pagi hari?


Anda mungkin tidak mengalami semua gejala gula darah rendah, tetapi ada beberapa gejala umum yang perlu diwaspadai, yaitu:


1. Detak jantung cepat


Detak jantung yang meningkat adalah respons tubuh terhadap glukosa darah yang rendah karena tubuh mencoba mengimbangi kekurangan glukosa dengan memompa darah lebih cepat.


2. Gemetar


Gemetar atau tremor, terutama di tangan, dapat terjadi akibat respons stres tubuh terhadap glukosa darah yang rendah.


3. Berkeringat


Berkeringat berlebihan dapat menjadi gejala glukosa darah rendah karena tubuh berusaha mendinginkan diri saat merasakan adanya ancaman.


4. Gugup atau cemas


Glukosa darah yang rendah dapat memicu perasaan gugup atau cemas akibat respons stres tubuh.


5. Mudah marah atau kebingungan


Glukosa darah yang rendah dapat mempengaruhi suasana hati dan fungsi kognitif, yang menyebabkan iritabilitas dan kebingungan.


6. Pusing atau Sakit kepala


Pusing atau sakit kepala adalah gejala yang umum terjadi dan dapat diakibatkan oleh otak yang tidak menerima glukosa yang cukup untuk fungsi yang optimal.


Sakit kepala dapat timbul akibat glukosa darah rendah yang berdampak pada pembuluh darah dan fungsi otak.


7. Kehilangan keseimbangan


Glukosa darah yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan motorik dan koordinasi, sehingga menyulitkan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari.

×