Notification

×

Iklan

Iklan

4 Kelompok Pemuja Setan Paling Banyak di Dunia

Januari 13, 2023 WIB Last Updated 2023-01-13T04:47:13Z


Kelompok pemuja setan baru-baru ini jadi sorotan setelah salah satu sekte yakni The Satanic Temple (TST) berencana menggelar pertemuan yang diklaim terbesar sepanjang sejarah pada 28-30 April mendatang.


TST merupakan salah satu kelompok pemuja setan terkenal di dunia yang sebagian besar pengikutnya mengaku tidak menyembah setan.


Selain TST, ada pula kelompok pemuja setan lain yang tenar hingga dikenal luas sampai ke Indonesia.


Berikut ini kelompok pemuja setan yang paling tenar di seluruh dunia


1. Gereja Setan (Church of Satan)

Gereja Setan berdiri sejak 1966. Kelompok itu dibentuk oleh salah satunya sepasang suami istri Anton Szandor LaVey dan Dianne LaVey.


Gereja Setan memiliki pandangan politik yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan serta kesetaraan. Gereja Setan adalah kelompok yang masih melakukan sejumlah ritual dan percaya terhadap sihir.


2. The Satanic Temple (TST)

The Satanic Temple (TST) merupakan kelompok pemuja setan yang didirikan pada 2012. Misi kelompok itu adalah untuk "mendorong kebajikan dan empati, menolak otoritas tirani, mengadvokasi akal sehat praktis, menentang ketidakadilan, dan mengejar tujuan mulia", menurut situs TST.


Mengutip History, salah satu pendiri TST, Lucien Greaves dan Malcolm Jarry menuturkan TST dibentuk sebagai reaksi terhadap ketidakmampuan Gereja Setan untuk "mewujudkan dirinya menjadi organisasi yang relevan di dunia nyata."


TST menyebut dirinya sebagai agama non-teistik. Mereka mengabdikan dirinya dalam aksi politis yang berfokus memisahkan gereja dan negara, kesetaraan agama, dan hak-hak reproduksi.


3. Order of Nine Angles

Order of Nine Angles (ONA) berdiri pada 1970 di Inggris. Kelompk dikenal sebagai kelompok pemuja setan era Nazi.


Mengutip BBC, ONA memiliki tujuan merusak masyarakat Yahudi-Kristen yang mengalami kemunduran. Kelompok itu ingin membuat peradaban kekaisaran baru dengan mencampurkan Darwinisme, Sosial, Setanisme, dan Fasisme.


Para penganutnya kerap diminta menyusup diam-diam ke organisasi seperti militer atau gereja Kristen guna merusak kestabilan mereka.


Sejauh mereka berdiri, ONA telah memengaruhi beberapa kelompok ekstremis neo-Nazi termasuk Divisi Atomwaffen yang berbasis di AS dan Divisi Sonnenkrieg.


4. Luciferianisme

Luciferianisme dibentuk oleh mantan anggota Order of Nine Angles dan musisi heavy metal Michael Ford dengan nama Greater Church of Lucifer pada 2013. Kelompok pemuja setan itu banyak mengadopsi prinsip Gereja Setan dengan memberikan sentuhan okultisme atau ilmu sihir.

Luciferianisme pertama kali berdiri di Houston. Kelompok itu juga memiliki cabang di negara lain.[SB]

×
Berita Terbaru Update