Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Fakta-fakta Viral Pegawai Bea Cukai Hina Netizen dengan Kata 'Babu'

Maret 25, 2023 Last Updated 2023-03-25T07:32:26Z


Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bernama Widy Heriyanto viral lantaran mengatai netizen babu di Twitter.


Cuitan kasar itu ia lontarkan saat menanggapi keluhan masyarakat soal piala-piala yang didapatkan dari kompetisi di luar negeri, kemudian ditarik biaya bea masuk. Imbasnya, Bea Cukai kembali jadi sorotan publik usai perilaku hedon beberapa pejabat Bea Cukai yang sebelumnya lebih dulu viral.


Berikut fakta-fakta cuitan hinaan yang dilontarkan pegawai Bea Cukai Widy Heriyanto sehingga viral dan memantik kritik publik:


1. Respons atas keluhan netizen yang pialanya 'dipajaki' bea cukai
Cuitan kasar Widy dilontarkan saat menanggapi keluhan masyarakat soal piala-piala yang didapatkan dari kompetisi di luar negeri, kemudian ditarik biaya bea masuk.


Developer game bernama Kris Antoni curhat ia penghargaan yang sering ia menangkan dari perlombaan di luar negeri dikenakan pajak oleh pihak Bea Cukai.


Cerita Kris lewat akun Twitter akun @kerissakti itu disambar oleh Widy lewat akun @wadawidy dengan komentar menghina.


"Sebelum lo ngetwit, mending belajar dulu deh ketentuan impor itu gimana. Kalo sekarang kan jadinya lo bacot tapi minim literasi peraturan," cuit @wadawidy dikutip dari Detikfinance, Jumat (24/3).


"2013 kejadian, sampai sekarang masa nggak pernah baca. Baca dulu dong, jangan cuma ngeluh tapi lo-nya juga nggak cari tahu. Nggak perlu jadi (pegawai) Bea Cukai buat ngasih paham 'barang impor ya wajib bayar pajak impor' dan jangan menggeneralisir case lo dengan bawa 'WNI se-Indonesia komplain", imbuh Widy.


2. Diserang balik netizen hingga tutup akun
Melihat jawaban tidak profesional Widy, netizen pun menyerang si pegawai Bea Cukai. Bukannya mereda, Widy justru menyebut netizen yang membela Kris sebagai babu.


"Para babu sibuk belain tuannya". "Ciee babunya datang," cuit @wadawidy.


Akun @wadawidy tersebut kini digembok menyusul perang opini soal Bea Cukai di media sosial.


Imbas perang twit alias twitwar antara Widy dan netizen, pihak Kemenkeu akhirnya bersuara. Juru Bicara Menteri Keuangan Yustinus Prastowo meminta pegawai di lingkungan Kemenkeu lebih menahan diri dan bersikap bijak.


"Banyak terima kasih untuk masukan yang sangat baik. Kami sudah menyampaikan ke internal untuk lebih menahan diri dan bijak bersikap. Terima kasih untuk masukan dan kritik publik," katanya.


Prastowo menyebut pihaknya sudah koordinasikan dengan unit kepatuhan internal untuk tindak lanjut permasalahan tersebut. "Kami monitor dan koordinasikan. Situasi sedang panas dan keruh, sebaiknya tak nambah gaduh," ucapnya.[SB]
×