Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ramai Pencopotan Dirut Pertamina setelah Kebakaran Depo Plumpang, Ini Profil Nicke Widyawati

Maret 05, 2023 Last Updated 2023-03-05T05:58:55Z


Peristiwa kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, memunculkan isu pencopotan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dari jabatannya. Bahkan hal itu juga sempat disinggung oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat menjenguk korban kebakaran di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

 

"Saya sudah pernah copot direksi Pertamina. Kalau perlu mencopot, saya lakukan lagi," ujar dia pada Sabtu, 4 Maret 2023.

 

Soal pencopotan juga disuarakan oleh pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi. Dia melihat kurangnya empati dari Pertamina atas kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina di Plumpang, sehingga sebagai bentuk tanggung jawab, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati harus mundur dari jabatannya.

 

 “Atau Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir) harus mencopot Dirut Pertamina. Karena 17 nyawa ini, saya kira ini tragedi kemanusiaan. Siapa yang bertanggung jawab terhadap 17 nyawa tadi? Ya saya kita Dirut Pertamina sebagai pucuk pimpinan dari Pertamina,” kata dia.

 

Lalu, bagaimana profil Nicke Widyawati?

 

Dikutip dari Antara, sebelum jadi Dirut PT Pertamina, Nicke merupakan Pelaksana Tugas atau Plt Dirut menggantikan Elia Massa Manik yang diberhentikan dari jabatannya pada 2018. Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini sebelumnya diketahui memiliki sepak terjang yang mentereng di lingkungan BUMN.

 

Karier Nicke di Pertamina sebenarnya telah dimulai sejak 27 November 2017. Kala itu, Nicke diangkat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia atau SDM Pertamina berdasarkan SK Kementerian BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017.[SB]

×