Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Prajurit Satgas Tengkorak TNI Tewas Usai Baku Tembak dengan KKB Papua

April 10, 2023 Last Updated 2023-04-10T04:54:21Z


Seorang anggota TNI dari Satgas YPR 305/Tengkorak dilaporkan meninggal dunia usai kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Minggu (9/4).


Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan kontak tembak aparat dengan KKB itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIT.


"Mengakibatkan satu orang prajurit TNI atas nama Sertu Robertus Simbolon tertembak dan meninggal dunia," kata Herman dalam keterangan tertulis, Senin (10/4).


Jenazah Robertus direncanakan akan diterbangkan hari ini ke Timika. Sementara aparat, terus bersiaga mengantisipasi serangan dari KKB.


"Situasi saat ini di Sugapa, aparat TNI melaksanakan siaga untuk mengantisipasi serangan dari gerombolan KST," ujar Herman.


Sementara Jubir Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom mengklaim pihaknya yang menembak satu anggota TNI hingga tewas di Sugapa, Intan Jaya.


"Telah dilaporkan langsung oleh Komandan Batalion Yosua Maiseni bahwa mereka telah berhasil tembak 3 Anggota TNI dan salah satunya telah tewas di Rumah Sakit Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," kata Sebby lewat keterangan tertulis.


Situasi di sejumlah titik di Papua masih memanas dalam beberapa pekan terakhir. Hingga hari ini TNI dan Polri juga belum berhasil membebaskan Pilot Susi Air yang disandera KKB sejak pertengahan Februari 2023.


Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan enggan mengerahkan kekuatan TNI untuk membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens.


Yudo mengklaim tetap akan berupaya membebaskan Pilot Philip dengan cara-cara persuasif melalui tokoh masyarakat dan tokoh agama.


"Tentang pilot tetap kita laksanakan pencarian, saya tidak mau mengerahkan kekuatan TNI hanya untuk menyelamatkan pilot. Pilot tetap kita selamatkan dengan cara-cara yang persuasif," kata Yudo usai peringatan hari ulang tahun ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (9/4).[SB]

×