Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Viral Perilaku Dalai Lama di Depan Publik, Orangtua Mana yang Membiarkan Anaknya Naik Panggung dan Melakukan Ini?

April 11, 2023 Last Updated 2023-04-11T01:35:06Z


Sudah minta maaf, namun kejadian terlanjur viral, di mana tokoh pemimpin Tibet meminta seorang bocah mengisap lidahnya.


Sejak kemarin, Senin (10/4/2023) berbagai media asing, antara lain Daily Mail, The Guardian, Sky News, serta Channel 4 menayangkan gambar dan video tentang Dalai Lama bersama seorang bocah lelaki yang "tidak pada tempatnya". Yaitu meminta si anak mencium pipi kiri, kanan, bibir, dan berakhir dengan ... mengisap lidah tokoh spiritual dan pemimpin Tibet itu.


Tampak para ajudan Dalai Lama yang berdiri di sekitarnya, masih mengenakan masker hijau, menjadi tidak nyaman. Menunjukkan raut wajah risih namun tidak mengerti harus berbuat apa.


Kejadian ini terjadi di Dharamsala, negara bagian Himachal Pradesh, India, di lokasi pengungsian bangsa Tibet. Kediaman yang menjadi tempat pengasingan Dalai Lama dan komunitasnya sejak invasi lokasi tinggal mereka oleh China pada 1959.


Awalnya si anak mohon izin untuk dibolehkan memeluk beliau, dan kemudian diminta naik panggung hingga terjadi peristiwa itu.


Sontak komentar bermunculan dan peristiwa tadi menjadi viral. Di antara banjir komentar pemirsa dan pembaca, kalimat-kalimat yang bernada miris terlontar. Antara lain orangtua mana yang membiarkan anaknya diperlakukan tidak senonoh seperti tayangan viral ini. Ada pula penyebutan predator anak atau pedofilia, sampai "kejadian berlangsung di depan publik, apalagi yang tidak tampak oleh kita, pasti lebih seram".


Dikutip langsung dari laman media sosial Instagram atas nama akun Dalai Lama terverifikasi atau centang biru, telah muncul pernyataan yang terjemahannya sebagai berikut:


sebuah video beredar menunjukkan seorang bocah lelaki meminta kepada Yang Mulia Dalai Lama untuk memeluk beliau. Yang Mulia mohon maaf kepada anak kecil ini serta keluarganya, juga kepada seluruh sahabat di seantero dunia, yang mungkin terluka karena perbuatan beliau. Yang Mulia kerap jahil kepada siapa saja yang ditemuinya, secara polos dan penuh canda, baik di depan publik maupun di balik kamera. Beliau menyesali insiden ini.


Ditayangkan sekira 18 jam lalu, pernyataan maaf Dalai Lama yang berusia 87 tahun itu telah menuai 52.029 like atau disukai, serta 36.600 komentar.[SB]

×