Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hakim MK Tanya 4 Menteri: Jokowi Bagikan Bansos di Depan Istana, Itu Bansos Apa?

April 05, 2024 Last Updated 2024-04-05T07:27:41Z


Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai bantuan sosial (bansos) kepada empat menteri yang dihadirkan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024.

Salah satunya, soal Presiden Jokowi yang membagikan bansos di depan Istana Merdeka pada 2023 lalu.

“Presiden pada waktu bagi-bagi bansos di depan Istana Presiden, pada waktu keliling kemarin dipertanyakan dari teman-teman pemohon. Presiden keliling ke berbagai daerah melakukan kunjungan-kunjungan daerah pas kebetulan itu di waktu kampanye,” ujar Arief di ruang sidang MK, Jumat (5/4) pagi.

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan bantuan paket sembako bagi para pengemudi ojek daring atau ojol di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 13 April 2023.

Ia menyebut aksi Presiden Jokowi bagi-bagi bansos itu menimbulkan prasangka buruk di tengah masyarakat, juga saling fitnah.

“Sehingga menimbulkan syak wasangka dan saling fitnah di antara anak bangsa. Itu menggunakan bansos apa, di mana, dan darimana itu?” tambahnya.

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan bantuan paket sembako bagi para pengemudi ojek daring atau ojol di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 13 April 2023. Foto: Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan bantuan paket sembako bagi para pengemudi ojek daring atau ojol di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 13 April 2023. 

Pertanyaan tersebut belum dijawab oleh keempat menteri.

Jokowi Bagi Bansos Depan Istana

Jokowi bagi-bagi bansos di depan Istana Merdeka pada Kamis (13/4/2023). Sejumlah meja yang dipenuhi tas paket sembako sudah disediakan di jalan depan Istana Merdeka.

Saat itu, Jokowi bagi-bagi bantuan dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

Terlihat pengemudi ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) sedang mengantre untuk menerima paket sembako. Petugas kepolisian dan TNI membantu mengatur antrean dan mengarahkan pengemudi ojol dan opang menuju meja penyerahan paket.

Mereka yang telah ambil paket sembako diberikan tanda tinta sebagai penanda telah menerima bantuan dari Jokowi itu.

Jokowi pun sesekali membalas masyarakat yang menyampaikan salam dan terima kasih dengan mengacungkan jempolnya.
×