Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Berkaca dari Peru, Rizal Ramli: Tolong TNI dan BIN Monitor Taipan Penyumbang Upaya Kudeta Konstitusi

Desember 09, 2022 Last Updated 2022-12-09T08:20:54Z


Seorang anggota TNI murka melihat istrinya bersama pria lain di sebuah kamar hotel.


Anggota TNI ini bernama Sertu IS yang emosinya meledak saat menangkap basah istrinya sendiri RS selingkuh bersama pria lain yang tak lain adalah juniornya.


Amarahnya pun tak bisa ditahan dan diluapkan kepada pria selingkuhan istrinya itu.


Peristiwa yang menimpa Presiden Peru, Pedro Castilllo bisa menjadi gambaran nyata bagi elite politik tanah air yang coba-coba untuk melakukan kudeta konstitusi.


Pedro Castillo dicopot kongres tidak lama setelah dia mengeluarkan dekrit pembubaran parlemen dan pemerintahan luar biasa. Karena aksi melawan konstitusi tersebut, Pedro Castillo ditangkap dan dibawa ke penjara.


Bagi tokoh senior DR. Rizal Ramli, apa yang dilakukan Pedro Castilllo itu bisa menjadi contoh bagi Indonesia bagaimana memperlakukan pemimpin yang tidak amanah pada konstitusi.


“Presiden Peru, Pedro Castilllo melakukan kudeta konstitusi, segera dipecat kongress dan ditangkap. Contoh bagus untuk pemain-pemain kudeta konstitusi di RI. Mulai dibikin listnya,” tutur Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu kepada redaksi, Jumat (9/12).


Sebagai langkah konkret, Rizal Ramli mendesak agar TNI dan BIN ikut melakukan pengawasan kepada para taipan yang memberi dana untuk upaya kudeta konstitusi. Artinya, tidak hanya elite politik yang ditangkap jika melakukan kudeta konstitusi, tapi juga para bohir penyumbang dana untuk upaya tersebut.


“Tolong TNI dan BIN monitor taipan-taipan yang sudah dan akan menyumbang upaya kudeta konstitusi. Mereka terlibat dalam pembiayaan tindak pidana,” tutupnya. [sb]

×