Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Soal Potensi Badai Dashyat Jabodetabek Hari Ini: Insyaallah Aman

Desember 28, 2022 WIB Last Updated 2022-12-28T01:46:27Z


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) hanya akan diguyur hujan ringan pada Rabu (28/12) hari ini.


Hal itu dikatakan menyusul prediksi adanya badai dahsyat pada hari ini. "Jawa Barat atau Jabodetabek itu 28 Desember masih hijau ya ringan sampai sedang begitu," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers secara virtual, Selasa (27/12) kemarin.


Dwikorita di saat bersamaan menunjukan peta prakiraan cuaca. Ia menunjuk warna merah sebagai tanda cuaca buruk yang sedang terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Laut Jawa yang berkembang hingga Jawa Timur.


Sebelumnya, Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin memprediksi banjir akan melanda kawasan Jabodetabek akibat potensi "hujan ekstrem" dan "badai dahsyat" pada Rabu (28/12).


Menurut Dwikorita, yang berpotensi terjadi bukanlah badai melainkan hujan ekstrem. Seain itu, terminologi 'badai' lebih terkait dengan Siklan Tropis dengan pusaran kencang dan disertai hujan lebat.


Akan tetapi, badai itu berpotensi menjauh dari Jabodetabek dan bergeser ke wilayah utara Papua. "Nah itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua," katanya.


Ia menjelaskan proses terbentuknya siklon tropis sudah terjadi sejak 21 Desember lalu dan kemungkinan akan bergeser juga ke bagian selatan barat Indonesia dan semakin jauh dari Jabodetabek.


"Itu yang dimaksud dengan badai sesungguhnya," ucap Dwikorita.


Lebih lanjut menurut dia, badai tersebut berbeda dengan hujan ekstrem. Dwikorita mengatakan, hujan ekstrem tidak harus berupa badai.


Fenomena tersebut sudah terlihat sejak 21 Desember dan trennya semakin meningkat di 29 Desember. "Jadi itu hujan lebat, bukan pusaran," katanya.


Di sisi lain, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab menyebut, "badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," kata dia.


Peluang badai itu terjadi di Jabodetabek pada hari ini pun terbilang kecil. "Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto seperti dikutip dari situs resmi BMKG.[sb]

×
Berita Terbaru Update