Notification

×

Iklan

Iklan

Demi Jegal Anies Baswedan, Benarkah Jokowi Undang Bawaslu ke Istana?

Desember 19, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T09:31:11Z


Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 18 Desember 2022. 


Video itu dilengkapi sampul dan judul yang menarasikan, Jokowi mengundang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) ke Istana untuk menjegal Anies Baswedan. 


Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 


"JKW UNDANG BAWASLU KE ISTANA TERKUAK, DEMI JEGAL ANIES ISTANA NEKAT LAKUKAN INI 


BREAKING NEWS ~ DEMI ANIES BERSALAH!! JOKOWI SURUH BAWASLU BEGINI!!" 


Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Jokowi mengundang Bawaslu ke Istana untuk menjegal Anies. 


Video tersebut menarasikan sejumlah artikel dari berbagai media. Diantaranya artikel dari Warta Ekonomi dengan judul "Kekuatan Anies Baswedan, Bawaslu Sampai Buat Regulasi Baru Soal Praktik Kampanye Jelang Pilpres 2024", tayang pada 17 Desember 2022. 


Selanjutnya artikel dari Populis.id berjudul "Bawaslu Tuding Anies Curi Start Kampanye, Rocky Gerung: Terbaca Psikologi Kecemasan!" tayang pada 17 Desember 2022. 


Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Jokowi mengundang Bawaslu ke Istana untuk menjegal Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi kredibel yang menyatakan demikian. [sb]

×
Berita Terbaru Update