Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Belum Tuntas Rafael Alun, KPK Temukan 134 Pegawai Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan, Demokrat: Aroma 'Bangkai' Makin Menyengat

Maret 09, 2023 Last Updated 2023-03-09T13:21:58Z


Politisi Partai Demokrat Yan Harahap menyoroti temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengungkapkan terdapat 134 pegawai pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki saham di 280 perusahaan.


Dia mengatakan, aroma bangkai Kemenkeu semakin menyengat setelah mengusut harta kekayaan Rafael Alun.


Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan bila ada pergerakan uang mencurigakan di Kementerian Keuangan.


Mahfud MD bahkan menyebut, pergerakan uang di Dirjen Pajak dan Dirjen Bea Cukai itu mencapai Rp300 triliun.


Hal ini ia sampaikan setelah menerima laporan terbaru pada Rabu (8/3/2023) ini. 


Ia selaku Ketua Tim Penggerak Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) lantas bergerak untuk melakukan penelusuran transaksi janggal ini.


"Kemarin ada 69 orang dengan nilai hanya tidak sampai triliunan, hanya ratusan miliar. Sekarang hari ini sudah ditemukan lagi kira-kira Rp 300 triliun itu, harus dilacak," ujar Mahfud MD, dikutip dari Suara.com, Rabu (8/3/2023).


Ia mengakui, alasan dirinya mengungkapkan hal ini kepada publik lantaran saat ini sulit untuk menyembunyikan sesuatu hal.


"Ini yang saya sampaikan tidak hoaks, ada datanya tertulis," kata dia.


Namun disampaikan Mahfud MD, dirinya belum mengetahui apakah transaksi mencurigakan tersebut berkaitan dengan Rafael Alun Trisambodo yang belakangan diketahui memiliki mutasi uang Rp500 miliar.[SB]

×