Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rekomendasi Minuman yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Selama Puasa Ramadan

Maret 21, 2024 Last Updated 2024-03-21T04:57:49Z


Imun tubuh pada saat Puasa Ramadhan merupakan pertahanan yang penting dimiliki tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.


Berikut ada rekomendasi minuman yang dapat dijadikan meningkatkan kekebalan tubuh selama puasa Ramadan.


1. Teh kunyit


Dikutip dari HealthifyMe, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit.


Bahan:


- 1 sendok makan parutan kunyit segar atau 2 sdt bubuk kunyit


- 1 sdm perasan lemon


- madu secukupnya


- 4 gelas air


Cara membuatnya cukup rebus kunyit dengan air selama 15-20 menit. Saring dan sajikan dengan campuran lemon dan madu.


2. Teh rempah


Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan tambahan cuka apel bersifat anti-inflamasi serta anti-bakteri. Misalnya kunyit dan jahe, keduanya kaya akan antioksidan, antiseptik, sebagai penyembuh alami sekaligus meningkatkan sel darah putih yang berfungsi bagi sistem imun. Sementara cuka apel efektif menekan pertumbuhan patogen jahat serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.


Berikut cara membuat minuman dengan racikan rempah-rempah:


- Ramuan kunyit madu: Siapkan ½ sdt kunyit bubuk, 2 sdm madu, sejumput bawang putih cincang, air panas. Semua bahan diseduh dengan air panas sampai larut, kemudian diminum.


- Ramuan jahe dan cuka apel: 1 ruas jahe digeprek, tambahkan 2 sdm madu, 1 sdm vinegar apel, segelas air panas, aduk sampai tercampur rata dan tinggal minum selagi hangat.


3. Jus sayuran hijau


Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, asam folat, dan jenis antioksidan lain yang dapat mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi.


Bahan:


- 30 gram daun ketumbar


- 30 gram daun mint


- 30 gram bayam


- 1 buah apel atau pir


- 30 gram mentimun, cincang


- 2 sdm perasan lemon


- Sedikit garam


Cara membuatnya yakni haluskan semua bahan dengan blender dan tambahkan sedikit air. Disarankan untuk dikonsumsi sesegera mungkin.


4. Susu kunyit


Bahan aktif kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas. Rempah-rempah dan saus kacang yang mengandung lemak sehat bersifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.


Bahan:


- 500 ml susu almon


- 125 ml santan


- 2 sendok makan madu


- 1 sdt parutan kunyit


- 1/2 sdt parutan jahe


- 1/2 sdt bubuk merica hitam


- 2,5 cm potongan kayu manis


Cara membuatnya yakni, campurkan semua bahan kecuali madu. Panaskan campuran di atas kompor dengan api kecil selama 5-10 menit, tak perlu tunggu hingga mendidih. Sajikan bersama dengan madu.


5. Smoothie


Seperti yang dilansir dari laman Eatingwell, smoothie buah juga dapat menjadi alternatif lain minuman yang meningkatkan imun tubuh apabila kurang suka jus dan minuman racikan. Supaya lebih kaya nutrisi, tidak ada salahnya menambahkan probiotik sebagai penghalang patogen jahat ke dalam tubuh yang berasal dari plain yoghurt, greek yoghurt, dan susu skim. Untuk bahan dasar membuat smoothie bisa memakai buah stroberi, blueberry, kiwi, pisang, buah bit, atau ditambah sayuran hijau.


Berikut cara membuat minuman smoothie untuk menambah imun tubuh:


--Green smoothie: Siapkan 1 cup daun kale atau bayam, 1 gelas susu almond, 1 sdm lemon, 1/2 cup kiwi, apel, mangga. Blender semua bahan sampai halus mengental, lalu sajikan untuk diminum.


--Berry smoothie: 1 cup greek yoghurt, 1 cup susu skim, 2 cup stroberi yang dicampur buah berry jenis lainnya. Blender semua bahan sampai tercampur rata, lalu sajikan untuk diminum.

×